Breaking News:

Banjir Jakarta

Atasi Banjir Rob Imbas Gerhana Bulan, Pemkot Jakut Siagakan Pompa di Sejumlah Titik Rawan Genangan

Atasi Banjir Rob Imbas Gerhana Bulan, Pemkot Jakarta Utara Siagakan Pompa Portabel di Sejumlah Titik Rawan Genangan. Berikut Selengkapnya

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota/Desy Selviany
Dampak gerhana bulan total, kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Pademangan, Jakarta Utara alami banjir rob, Kamis (27/5/2021) (Desy Selviany) 

WARTAKOTALIVE.COM,PENJARINGAN- Atasi banjir rob imbas gerhana bulan, Pemerintah Kota Jakarta Utara menyiapkan pompa portabel di sejumlah titik rawan genangan di wilayah Jakarta Utara.

Sejumlah pompa pun ditempatkan di beberapa jalan dan pemukiman warga.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Juaini Jusuf mengatakan pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi adanya banjir rob yang diprediksi terjadi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Karena ini sudah rutin di Jakarta Utara terkait penanganan rob, kami tetap mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Kami tetap berkoordinasi Dinas maupun Sudin SDA hingga BNPB," kata Juaini Jusuf saat dikonfirmasi, Kamis (27/5/2021).

Pemerintah Kota Jakarta Utara sejauh ini juga sudah memerintahkan seluruh jajaran Camat dan Lurah untuk melakukan monitoring wilayah terkait banjir rob ini.

Jika pun ada warga yang harus mengungsi maka perlu disiapkan tempatnya.

Baca juga: Warga Keluhkan Kehadiran Pengunjung Eksklusif di Ragunan, Bebas Masuk Kandang & Kasih Makan Jerapah

Terkait penanganan sementara banjir rob yang sudah mulai terjadi sejak pagi tadi.

Pihaknya bersama Sudin Sumber Daya Air Jakarta Utara juga telah menyiapkan karung-karung berisikan pasir agar menahan laju air tumpah ke jalan atau ke pemukiman.

"Kita juga sudah siapkan pompa Mobile dan dari tadi pagi dari SDA juga sudah kirim pompa ke daerah rob. Tadi ada 6 pompa mobile, tapi jika kedepan kurang akan kita tambah," katanya.

Baca juga: Dapat Nilai E atau Terburuk Soal Penanganan Covid-19, Ariza Akui Bersinergi dengan Seluruh Pihak

Penanganan banjir rob ini, Juaini juga akan berkoordinasi dengan dengan Sudin SDA wilayah lain untuk serta membantu.

Salah satunya yaitu terkait penyediaan pompa mobile 

"Kali di daerah lain kan ngak kena. Kami juga minta untuk Jakarta Utara dibantu backup. Jakarta Utara kan karena prediksi dari BMKG ada rob, kita minta wilayah lain untuk di kirim pompa mobile tambahan," katanya.

Prioritas utama dalam penanganan banjir rob ini, dikatakan Juaini yaitu melakukan penyedotan jalan-jalan dan pemukiman, sehingga aktivitas warga masyarakat pun tidak terganggu.

"Biasanyakan kalo banjir rob itu tumpah ke jalan. Paling engak kita mengurangi yang di jalan jalan umum supaya genangan terkurangi. Sehingga lalu lintas tidak terhambat," ujarnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved