Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Kamis 27 Mei 2021: Hujan Lebat Guyur Beberapa Wilayah di Indonesia

Hujan lebat disertai angin kencang dan kilat berpotensi terjadi di beberapa daerah di Indonesia, Kamis (27/5/2021).

@lApEndOStEriOs via @TMCPoldaMetro
BMKG mencatat, wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi pada hari ini berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat, Kamis (27/5/2021). Foto ilustrasi: Hujan lebat di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKATA -- Beberapa wilayah di Indonesia,  menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan kilat.

BMKG mengatakan, wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi pada hari ini berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat.

Situs BMKG yang dikutip dari Jakarta, Kamis (27/5/2021) menyebutkan, sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat dan di perairan timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Maluku, Papua Barat dan Papua.

Kondisi banjir bandang di kecamatan Adonara Timur dan Ile Boleng Flores Timur. Banyak rumah roboh termasuk mobil tanki terguling.
Foto dok: Kondisi banjir bandang di kecamatan Adonara Timur dan Ile Boleng Flores Timur. Banyak rumah roboh termasuk mobil tanki terguling. (Syafika Lamawuran untuk Pos Kupang)

Kemudian, daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh, dari Lampung, Bengkulu hingga Sumatera Barat, di NTT bagian Timur, dari Kalimantan Barat hingga Selat Karimata, di Kalimantan Timur, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dan di Kalimantan Selatan.

Daerah pertemuan angin atau konfluensi juga terpantau memanjang di pesisir barat Sumatera Utara, Selat Malaka dan di perairan utara Papua.

Kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik serta di sepanjang daerah konvegensi dan konfluensi.

Baca juga: PERINGATAN DINI BMKG, Berikut Ini Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Deras Hingga Angin Puting Beliung

Baca juga: PERINGATAN DINI BMKG, Waspada Cuaca Ekstrem Besok, Belasan Wilayah Terdampak: Ada Sirkulasi Siklonik

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan wilayah yang memiliki potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Selain itu wilayah Banten, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan juga berpotensi mengalami hujan.

Terdapat beberapa wilayah masuk dalam kategori waspada risiko banjir dan banjir bandang akibat hujan lebat seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah dan Papua Barat.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved