Warta Bisnis

Jaringan 5G Segera Dimulai, Pengamat Sebut Harus Jadi Tonggak Transformasi Digital di Indonesia

Pengamat telekomunikasi Doni  Ismanto menyebut hadirnya jaringan 5G oleh Telkomsel penting untuk mengakselerasi transformasi digital.

Editor: Feryanto Hadi
istimewa
Jaringan 5G 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Indonesia akan segera menyambut hadirnya teknologi jaringan generasi kelima atau 5G yang resmi dioperasikan oleh Telkomsel.

Meski dilakukan bertahap dan terbatas, hadirnya 5G merupakan suatu bukti bahwa Indonesia tak kalah dalam mengimplementasikan teknologi jaringan terbaru meski di tengah keterbatasan infrastruktur.

Pengamat telekomunikasi Doni  Ismanto menyebut hadirnya jaringan 5G oleh Telkomsel penting untuk mengakselerasi transformasi digital.

Hal itu sekaligus menegasakan bahwa Indonesia bisa menghadirkan teknologi canggih meski dihantam pandemi.

Baca juga: Berikut Daftar Smartphone yang Mendukung Jaringan 5G Band 40, Ponsel Anda Termasuk?

Hadirnya 5G menjadi akselerasi bangsa Indonesia untuk bertransformasi digital secara cepat.

"Dimulainya layanan 5G oleh Telkomsel ini penting untuk pemenuhan akselerasi transformasi digital. Di masa pandemi, Indonesia mampu menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang Tangguh, itu dibuktikan karena kita tidak ketinggalan dalam mengadopsi teknologi terbaru," ujar Doni, saat dihubungi, Kamis (27/5/2021).

Satu hal yang ditekankan oleh Doni adalah mesti ada pembeda dari jaringan sebelumnya yakni 4G.

Hadirnya teknologi 5G di Indonesia oleh Telkomsel, harus memberikan pengalaman lebih bagi pengguna operator tersebut layakanya perbedaan dari beralihnya jaringan 3G dan 4G.

"Langkah yang baik sudah dilakukan oleh Telkomsel. Tinggal yang perlu diperhatikan adalah harus ada pembeda dari layanan sebelumnya. Harus diakui, pengoperasian 5G masih menemui kendala kapasitas frekuensi, tentu hal ini akan bertahap komersialkan di area terbatas agar bisa membangun pengalaman yang baik dan ekosistem yang harus disiapkan," ujar Doni.

Salah satu PR Telkomsel saat ini adah kapasitas frekuensi yang segera dituntaskan bersama pemerintah.

Pasalnya, GSMA pun sudah meminta 6GHz yang diperuntukkan jaringan 5G.

Baca juga: Kominfo: Penerapan Jaringan 5G di Indonesia akan Dilakukan Secara Bertahap

Artinya jika frekuensi yang tersedia benar-benar ideal, baru operasional jaringan 5G bisa maksimal dihadirkan olehoperator.

"Apa yang sudah dicapai Telkomsel patut diapresiasi. Kerja keras Telkomsel yang mencoba menghadirkan 5G dengan segala keterbatasan di sisi frekuensi membuktikan komitmen operator untuk menghadirkan teknologi terbaru bagi pelanggan ," imbuh Doni.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memberikan SKLO layanan 5G untuk Telkomsel, Senin (24/5/2021). Menkominfo Johnny G. Plate menyebutkan Telkomsel setelah lulus ULO akan menggelar layanan 5G di enam lokasi di Jakarta.

Layanan 5G dari Telkomsel ini akan diluncurkan secara serentak pada tanggal 27 Mei 2021.

Baca juga: Samsung A32 5G Mulai Bisa Dipesan Rabu 26 Mei, Dapatkan Promo dan Bonus

Sebagai tahap awal, jaringan ini baru bisa dioperasikan di enam lokasi residensial di wilayah Jabodetabek.

Secara bertahap, menyusu di kota-kota lain seperti Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar, dan Bandung. (Fandi Permana)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved