Ibu Kota Negara

Budi Karya Sumadi Pastikan Sarana Transportasi di IKN Dibangun Terpadu dan Berkonektivitas Tinggi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan arah pembangunan sarana dan prasarana transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) baru akan dibuat terpadu.

Editor: Valentino Verry
dokpri
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan sarana transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) baru mengutamakan konektivitas yang ditunjang oleh sistem transportasi terpadu. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan arah pembangunan sarana dan prasarana transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) baru akan dibuat terpadu.

Pembangunan sarana transportasi juga mengutamakan konektivitas yang ditunjang oleh sistem transportasi terpadu.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan karena menjadi penentu bagi berkembangnya suatu wilayah, khususnya Ibu Kota Baru di Provinsi Kalimantan Timur.

"Konektivitas itu yang kita bangun di IKN. Sebab, konektivitas transportasi menjadi penentu bagi berkembangnya suatu kota dan transportasi yang cerdas dan menjadi pilihan utama warganya," kata Budi dalam sesi webinar Sistem Transportasi Cerdas di Ibu Kota Negara yang digelar Balitbang Perhubungan, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Sambut Positif Patungan Rakyat Beli Kapal Selam, Azzam Izzulhaq Singgung Anggaran Ibu Kota Baru

Baca juga: Arsitek dan Warganet Sebut Desain Istana Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur Seperti Panggung Musik

Budi menambahkan, pembangunan sistem transportasi di IKN sepenuhnya menerapkan teknologi terbaru dan ramah lingkungan.

Hal itu terlihat dari proses pembangunan yang diperuntukkan untuk kendaraan listrik, kereta api, hingga integrasi perhubungan udara melalui bandara baru yang akan dibangun.

Kebijakan tersebut diambil sekaligus membuka peluang bagi masyarakat untuk memberikan kontribusi mereka dalam mengembangkan sektor transportasi di IKN.

Menurutnya, IKN akan menciptakan peluang besar bagi ahli transportasi maupun akademisi untuk membuka lapangan pekerjaan baru.

"Kita juga mendesain IKN untuk menciptakan peluang bagi akademisi untuk turut memberikan konsep, juga kepada masyarakat agar menangkap peluang bisnis, lahan pekerjaan, dan lahan ilmu pengetahuan, khususnya bagi generasi muda," ucapnya.

Budi menaruh harapan besar kepada pemerintah agar seluruh pemangku kepentingan di sektor transportasi dan perhubungan dapat berkolaborasi dalam mengembangkan IKN.

Sebab, sistem transportasi cerdas dan terpadu yang dibangun di IKN akan menjadi simbol sekaligus warisan kemajuan teknologi dan peradaban Bangsa Indonesia di dunia internasional.

"Karena ini merupakan warisan yang akan dirasakan secara berkelanjutan, saya berharap IKN menjadi tonggak kemajuan transportasi cerdas dan terpadu bagi bangsa Indonesia," ucapnya. 

Baca juga: Tahun Ini Istana Presiden di Ibu Kota Baru Mulai Dibangun, DPR: Hitung Cermat, Jangan Macet

Baca juga: Menteri PPN Suharso Monoarfa: Mudah-mudahan Presiden Bisa Upacara 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Baru

Pembangunan sarana dan prasarana untuk persiapan IKN baru di Kalimantan Timur terus dipersiapkan.

Salah satu persiapan penting yang tengah dibangun adalah sarana dan prasarana transportasi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved