Breaking News:

Berita Nasional

Siapa Saja Pegawai KPK yang Dipecat? Begini Kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata

Dari 75 pegawai, ada 51 pegawai KPK dipecat lantaran tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Siapa saja? Ini kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Editor: Panji Baskhara
Tribunnews/Herudin
Dari 75 pegawai, ada 51 pegawai KPK dipecat lantaran tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Siapa saja? Ini kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. Foto: Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengumumkan penetapan tersangka baru terkait kasus suap dana hibah KONI, di Jakarta, Rabu (18/9/2019). KPK menetapkan Menpora Imam Nahrawi dan Miftahul Ulum sebagai tersangka baru menyusul lima orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dari 75 pegawai, ada 51 pegawai KPK dipecat lantaran tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Lalu siapa saja pegawai KPK dipecat? Adakah daftar nama pegawai KPK dipecat?

Soal nama-nama pegawai KPK dipecat yang belum terungkap dijelaskan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Keputusan pemecatan pegawai KPK, diambil dalam rapat yang digelar lima pimpinan KPK bersama Kementerian PAN RB, dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di kantor BKN RI, Jakarta Timur, Selasa (25/5/2021) hari ini.

Baca juga: 51 Pegawai KPK yang Dipecat Masih Boleh Bekerja Hingga 1 November 2021, tapi Diawasi Ketat

Baca juga: Nasib 75 Pegawai KPK Dipecat Akibat Tidak Lolos Tes TWK, Ini Kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata

Baca juga: ICW Minta Kapolri Pecat Ketua KPK Firli Bahuri, Juga Lapor kepada Presiden Jokowi dan Propam

Namun, pimpinan KPK maupun BKN masih menutup rapat nama-nama pegawai lembaga antirasuah yang tidak lolos alih status jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut.

"Untuk nama-nama sementara tidak kami sebutkan dulu. Baik yang masih 24 orang yang masih bisa dilakukan pembinaan, maupun 51 dinyatakan asesor tidak bisa dilakukan pembinaan," katanya dalam jumpa pers.

Alexander mengatakan keputusan yang diambil dari rapat bersama itu berdasarkan pertimbangan dan pendapat dari hasil pemetaan para asesor terhadap pegawai KPK.

Hasilnya, katanya, 24 pegawai dari 75 yang tak lolos TWK masih memungkinkan dibina sebelum dialih status jadi ASN.

"Sedangkan yang 51 orang ini dari asesor warnanya sudah merah, yang tidak dimungkinkan melakukan pembinaan," kata Alexander.

Keputusan ini tidak sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar TWK tak bisa menjadi dasar penonaktifan 75 pegawai KPK.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved