Berita Jakarta

Berdiri di Zona Pemakaman, Tiga Unit Hunian di Ciganjur Dibongkar Paksa Satpol PP Jakarta Selatan

Berdiri di Zona Pemakaman, Tiga Unit Hunian di Ciganjur Dibongkar Paksa Satpol PP Jakarta Selatan

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Satpol PP Jakarta Selatan melakukan pembongkaran paksa terhadap tiga unit hunian di Jalan Nila RT 04/01, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Selasa (25/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Kotamadya Jakarta Selatan melalui Satpol PP Jakarta Selatan melakukan pembongkaran paksa terhadap tiga unit hunian di Jalan Nila RT 04/01, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Selasa (25/5/2021). 

Rumah tinggal yang sedang tahap pembangunan ini dibongkar petugas hingga rata dengan tanah karena berdiri di lahan peruntukan hijau umum (PHU). 

"Kita bongkar karena di lahan PHU tidak boleh ada pembangunan. Lahan ini peruntukannya zona pemakaman," kata Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan, saat memimpin pembongkaran di lokasi pada Selasa (25/5/2021). 

Ujang menjelaskan, tiga unit bangunan yang diratakan dengan tanah ini merupakan rekomendasi dari Suku Dinas Cipta Karya dan Pertanahan (Citata) Jakarta Selatan.

Sesuai rekomendasi yang diterima Satpol PP, diungkapkan Ujang, pembangunan dilaporkan tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

Baca juga: Niat Serang Satu Keluarga di Kampung Bambon dengan Sangkur dan Parang, ZAW dan Rekannya Justru Keok

"Bangunan yang tidak memiliki IMB dan berada di PHU itu menjadi prioritas dari pimpinan tingkat kota. Jadi tidak hanya bangunan kecil saja, perumahan-perumahan yang tidak ada izin juga kita bongkar, sama semua," tegas Ujang. 

Kepala Sektor Suku Dinas Citata Kecamatan Jagakarsa Budiono mengungkapkan, pihaknya sudah memberikan serangkaian tindakan mulai dari surat peringatan (SP), penyegelan hingga Surat Perintah Bongkar (SPB) kepada pemilik bangunan. 

"Sejak bukan Maret 2021 kita sudah berikan tindakan administrasi, tapi pembangunan tetap saja berlanjut. Sehingga awal bulan April 2021 kita rekomendasikan untuk dibongkar, " kata Budiono.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved