Breaking News:

Mudik Lebaran

Ratusan Pemudik Positif Covid-19, Polisi Perpanjang Pengetatan Arus Balik hingga 31 Mei 2021

475 Pemudik Positif Covid-19 Ditambah Arus Balik Masih Terjadi, Polda Metro Jaya Perpanjang Pengetatan hingga 31 Mei 2021

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Dwi Rizki
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Suasana skrining swab antigen arus balik pemudik Lebaran di pos penyekatan Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (17/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Selama pemeriksaan arus balik pemudik sejak 16 Mei sampai 23 Mei 2021, Polda Metro Jaya mencatat ada 475 pemudik yang positif Covid-19.

Kepastian itu setelah petugas melakukan tes swab antigen gratis dan tes PCR kepada mereka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan selama delapan hari itu tercatat ada 73.992 pemudik yang dilakukan tes swab antigen. 

Tes dilakukan di 14 titik pemeriksaan di jalan arteri, jalan tol dan terminal bus, bagi pengendara motor, kendaraan roda empat dan mobil penumpang, serta juga di Polsek-polsek serta hasil kunjungan tiga pilar tingkat RW ke rumah warga.

"Dari 73.992 pemudik yang dites itu, sebanyak 475 reaktif dan dipastikan positif. Sementara sisanya non reaktif," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Senin (24/5/2021).

Untuk 474 orang yang positif kata Yusri sebanyak 254 orang diantaranya melakukan isolasi mandiri dan 74 orang dirujuk ke Wisma Atlet untuk diisolasi.

"Sementara 46 orang lainnya kita rujuk ke tempat isolasi lain," ujar Yusri.

Baca juga: Lucky Alamsyah Dilaporkan ke Polisi, Roy Suryo: Dia Sindir Saya, Marah-marah dan Berkata Tidak Benar

Ia mencontohkan ada 2 warga pemudik yang dinyatakan positif Covid-19 dan diketahui warga Kabupaten Tangerang.

"Kami berkoordinasi dan merujuk ke dua nya diisolasi di tempat isolasi yang disiapkan Kantor Bupati Tangerang," kata Yusri.

Selain itu kata Yusri selama dua hari arus balik tersebut tercatat ada sebanyak 18.958 kendaraan baik sepeda motor, kendaran pribadi atau bus yang diperiksa. 

Baca juga: Jelang Hadapi Liga 1 2021, Bek Achmad Jufriyanto Semangat Menjalani Latihan Perdana Persib Bandung

"Sebelumnya Kapolda Metro memperpanjang Operasi Ketupat Jaya yang sebelumnya berakhir 17 Mei, menjadi 24 Mei," kata Yusri.

Namun karena saat ini masih banyak pemudik yang kembali kata Yusri, Kapolda Metro Jaya kembali memperpanjang pengetatan pemudik arus balik sampai 31 Mei mendatang. "Jadi anggota masih terus di lapangan sampai 31 Mei ini," kata Yusri.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved