Breaking News:

VIDEO Urai Kemacetan di Babakan Madang, Bupati Bogor Ade Yasin Berlakukan Sistem Satu Arah

Pemkab Bogor melakukan pemberlakuan satu arah di Bundaran Tugu Simpang Sentul Babakan Madang, Jumat (21/5/2021).

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Murtopo

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Hironimus Rama

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Kawasan Simpang Sentul menjadi salah satu titik kemacetan di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Untuk mengurai kemacetan lalu lintas di sekitaran Bundaran Sentul Babakan Madang dan Jalan Raya Kandang Roda, Pemkab Bogor melakukan pemberlakuan satu arah di Bundaran Tugu Simpang Sentul Babakan Madang, Jumat (21/5/2021).

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, sistem satu arah dengan gerakan searah jarum jam di Tugu Simpang Sentul mulai diberlakukan mulai Jumat, 21 Mei 2021.

"Kendaraan yang akan mengarah ke Bogor, Jakarta, Cibinong dan Babakan Madang diputar satu arah dan tidak ada perpotongan lajur jalan, sehingga arus lalu lintas yang biasanya macet kini terlihat lancar," kata Ade, Sabtu (22/5/2021).

Baca juga: Antisipasi Klaster Industri Usai Lebaran, Bupati Bogor Ade Yasin Minta Pengusaha Vaksinasi Karyawan

Baca juga: Ade Yasin Berlakukan Sistem Satu Arah di Bundaran Tugu Simpang Sentul untuk Mengurai Kemacetan

Sistem satu arah ini diberlakukan setelah penataan simpang Sentul selesai dilakukan pada tahun ini.

Menurut Ade, pembangunan Tugu Simpang Sentul ini seharusnya sudah dimulai sejak puluhan tahun yang lalu, tapi tidak bisa dilaksanakan karena terkendala pembebasan lahan yang dihadapi Pemkab Bogor.

"Alhamdulillah di tahun pertama saya menjadi Bupati, permasalahan itu bisa diselesaikan, dan langsung gercep untuk mulai melakukan penataan Simpang Sentul, yang menjadi bagian penataan Kawasan Cibinong Raya," ungkap politisi PPP ini.

Baca juga: Varian Baru Covid-19 Masuk ke Indonesia, Bupati Bogor Ade Yasin Lakukan Ini untuk Antisipasi

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Subiantoro mengatakan, uji coba sirkulasi lalu lintas dan pemberlakuan satu arah di bundaran Tugu Simpang Sentul dilakukan untuk mengurai kemacetan di sekitaran bundaran Sentul dan Kandang Roda.

"Pelaksanaan uji coba satu arah ini juga kita lakukan berdasarkan arahan Ibu Bupati Bogor Ade Yasin, agar tidak lagi terjadi kemacetan di wilayah itu," jelasnya.

"Alhamdulilah uji coba yang kita lakukan sampai pukul 16.00 WIB, tadi kendaraan lancar dan kemacetan bisa terurai,"  ungkap Subiantoro.

Sementara KBO Satlantas Polres Bogor, IPTU Ketut menyatakan bahwa, pihaknya berkolaborasi dengan DPUPR dan Dishub melaksanakan rekayasa lalu lintas satu arah di bundaran Tugu Simpang Sentul Babakan Madang.

Dengan adanya rekayasa lalu lintas satu arah itu, lanjut Ketut, terlihat kendaraan-kendaraan yang mengarah dan menuju Sirkuit Sentul, Babakan Madang, Tol Bogor maupun ke Cibinong di putar satu arah.

"Dengan sistem satu arah ini kemacetan yang terjadi di sekitaran Sirkuit Sentul selama ini bisa terpecahkan," pungkasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved