Breaking News:

Properti

BP Tapera akan Biayai KPR ASN untuk Rumah dengan Harga Berkisar Rp 112-292 Juta

BP Tapera tawarkan pembiayaan KPR untuk ASN dengan beberapa syarat dengan harga rumah tertinggi Rp 292 juta.

Editor: Dian Anditya Mutiara
Kompas.com
Ilustrasi -- BP Tapera akan membiayai pembelian KPR untuk ASN 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan Perum Perumnas, melakukan kerja sama dalam memberikan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang ditawarkan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kerja sama dengan BTN yang baru saja ditandatangani kemarin tanggal 20 Mei mirip initial project pembiayaan Tapera yang dilaksanakan bersama-sama dengan BTN dan Perumnas. Peruntukannya dalam kerja sama ini hanya untuk KPR bagi ASN sebagai peserta Tapera saja," kata Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera Eko Ariantoro kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Adapun pemanfaatan fasilitas KPR bagi ASN ini, lanjut dia, baru akan terlaksana pada 27 Mei 2021.

Tapera menargetkan 11.000 unit rumah akan dibiayai melalui KPR Tapera.

Baca juga: KABAR BAIK untuk Pegawai Kontrak, Kini Bisa Beli Rumah Ajukan KPR di BTN, Syaratnya Mudah

Baca juga: Bank Syariah Indonesia Salurkan Pembiayaan KPR Rp 38 Triliun

Sementara itu, Dirut  PT BTN (Persero) Tbk, Haru Koesmahargyo menjelaskan, KPR ASN ini menawarkan tiga skema pembiayaan sesuai kelompok penghasilan.

Untuk kelompok penghasilan pertama dengan penghasilan di bawah Rp 4 juta, akan mendapatkan suku bunga KPR sebesar 5 persen fixed rate dengan tenor hingga 30 tahun.

Kelompok penghasilan kedua, dengan penghasilan berkisar Rp 4-6 juta, dikenakan bunga KPR 6 persen fixed rate dengan tenor hingga 20 tahun.

Kemudian, untuk kelompok penghasilan ketiga dengan penghasilan Rp 6 juta sampai Rp 8 juta, dapat mengakses KPR dengan bunga 7 persen fixed rate dengan tenor hingga 20 tahun.

Baca juga: Mau Ambil KPR DP 0 Persen? Jangan Buru-buru, Simak Hal Ini Agar Tidak Terjebak

Syarat 

Untuk mendapatkan pembiayaan KPR Tapera, peserta harus golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), belum memiliki rumah dan menjadi peserta Tapera aktif dan lancar membayar simpanan peserta selama 12 bulan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved