Prakiraan Cuaca

UPDATE Prakiraan Cuaca Jumat 21 Mei 2021, BMKG: Beberapa Daerah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

BMKG memprakirakan, beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat pada Jumat (21/5/2021).

@lApEndOStEriOs via @TMCPoldaMetro
Jumat (21/5/2021) hari ini beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat. Foto ilustrasi: Situasi lalin Jl. HR Rasuna Said Jaksel di JPO Halte Busway Kuningan Madya Aini terpantau hujan lebat, bagi pengendara tetap berhati-hati karena jalanan licin. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat pada hari ini, Jumat (21/5/2021).

Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat, seperti sebagian wilayah Jawa dan Sumatera.

Informasi di situs BMKG yang dipantau dari Jakarta, Jumat menyebutkan, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang di Laut China Selatan, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Utara.

Baca juga: JADWAL SIM Keliling Jumat 21 Mei 2021 untuk Wilayah Jabodetabek dan Beberapa Kota di Indonesia

Baca juga: Pria Penganiaya Anak Perempuan di Tangerang Selatan Diringkus Polisi

Selain itu daerah konvergensi juga terpantau di Selat Makassar bagian tengah hingga perairan utara Gorontalo, dari Laut Banda hingga utara Sulawesi Utara, dari Papua hingga Pulau Seram serta dari Samudera Pasifik utara Papua Barat hingga Kepulauan Sangihe-Talaud.

Kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BMKG memprakirakan hujan lebat disertai angin kencang serta kilat berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Selain itu berpotensi juga terjadi di wilayah Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Baca juga: Menlu Riyad al-Maliki Minta Dunia Hentikan Kejahatan Israel Terhadap Bangsa Palestina

Sementara Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan diprakirakan juga berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang.

BMKG juga memperingatkan beberapa wilayah berpotensi mengalami banjir akibat hujan seperti Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur serta Kalimantan Utara yang masuk kategori waspada.

Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua juga masuk dalam kategori waspada wilayah terdampak banjir akibat hujat lebat. (Antaranews)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved