Berita Nasional

Buka Lapangan Kerja di Jawa Timur, Sandiaga Uno Harap Dana Hibah Pariwisata dapat Segera Tereksekusi

Buka Lapangan Kerja di Jawa Timur, Sandiaga Uno Berharap Penyiapan Dana Hibah Pariwisata dapat Segera Tereksekusi. Berikut paparannya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Nomor 110, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur pada Jumat (21/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, MALANG - Pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional tengah dikebut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Satu di antaranya lewat penyaluran dana hibah pariwisata yang diharapkan dapat menggerakkan sektor parekraf nasional serta pembukaan lapangan kerja.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno usai berdiskusi dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur pada Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Viral Pengemudi Berkepala Plontos Kendarai Mobil Toyota Fortuner Berplat Nomor Dinas Polri

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan tujuan kedatangannya guna mempercepat pemulihan sektor parekraf di Jawa Timur.

Satu satunya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari atau Sighasari yang terletak di Jalan Makam Gang Juwet, Krajan, Klampok, Singosari, Malang, Jawa Timur.

Kawasan yang terkoneksi dengan Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Perak serta terkoneksi dengan ruas tol Pandaan - Malang itu dipaparkannya akan dikembangkan menjadi kawasan parekraf berbasis kebudayaan dan wisata sejarah.

Baca juga: Bekas Tambang Tebing Breksi Disulap Jadi Destinasi Berkelanjutan, Sandi : Potensi Wisata Menjanjikan

Kawasan tersebut pun diproyeksikan akan menarik investasi sebesar Rp 11,92T dengan target penyerapan tenaga kerja sebanyak 6.863 orang hingga tahun 2030.

"Ini kunjungan perdana kami di Provinsi Jawa Timur untuk mempercepat merealisasi penyiapan pariwisata yang memang menjadi prioritas nasional dan tadi setelah kita melakukan sinergi dan kolaborasi ada beberapa arahan dari Ibu Gubernur yang akan kami tindak lanjuti," ungkap Sandiaga Uno pada Jumat (21/5/2021).

"Kita harapkan KEK ini menjadi episentrum ekonomi kreatif, bukan hanya di Jawa Timur tapi juga di Indonesia. Untuk meningkatkan keterampilan, untuk meningkatkan adaptasi teknologi dan juga pembukaan lapangan kerja yang baru yang berkualitas," tambahnya.

Baca juga: Rampungkan Rapat Koordinasi, Sandi Targetkan Revitalisasi Kawasan Borobudur Terealisasi Tahun Ini

Selanjutnya, Sandiaga Uno menyampaikan harapannya agar persiapan dana hibah pariwisata dapat tersusun dengan baik.

Oleh karena itu, koordinasi dengan pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/ Kota Jawa Timur katanya sangat diperlukan guna menggairahkan serta memperkuat struktur sektor parekraf di Jawa Timur.

"Dana hibah pariwisata yang sudah membantu sektor parekraf tahun ini akan kita tingkatkan dan kita perbesar jumlahnya Rp 3,7 triliun untuk nasional yang sekarang sudah tahap finalisasi berbasis pajak daerah. Jadi nanti akan diimplementasikan melalui teman-teman dari pemerintah Provinsi dan pemerintah kabupaten/ Kota untuk membayar pajak 2019 yang katanya sudah diregistrasi dan divalidasi," papar  Sandiaga Uno.

"Kita harapkan ini bisa terserap dengan baik, karena 2021 kita punya waktu yang lebih panjang. Harapan kami juga bukan hanya hotel dan restoran, tapi biro perjalan wisata, taman rekreasi, karena banyak sekali lapangan pekerjaan yang diciptakan oleh sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tambahnya.

Tekan Covid-19 Lewat PPKM Mikro

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved