Breaking News:

Berita Bekasi

Ratusan Petani Desa Suka Tenang yang Sempat Mudik Jalani Tes Swab Antigen

Ratusan petani Desa Suka Tenang, Kecamatan Suka Wangi, Kabupaten Bekasi, yang sempat melakukan mudik lebaran, menjalani tes swab antigen gratis.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Max Agung Pribadi
istimewa
Pemeriksaan swab antigen gratis untuk petani di Desa Suka Tenang, Kabupaten Bekasi yang sebelumnya sempat mudik Lebaran. 

WARTAKOTALIVE.COM, SUKAWANGI - Ratusan petani Desa Suka Tenang, Kecamatan Suka Wangi, Kabupaten Bekasi, yang sempat melakukan mudik lebaran, menjalani tes swab antigen gratis guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kegiatan tersebut dipimping langsung oleh Kapolsek Tambelang AKP Shodirin bersama unsur TNI serta tenaga kesehatan dari puskesmas.

"Kami turunkan petugas ke lapangan untuk menjemput petani dan menanyakan beberapa orang dari mereka yang kemarin melakukan perjalan mudik lebaran," kata Shodirin saat dikonfirmasi, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Tes Swab Antigen di Jalur Penyekatan Bekasi Karawang, 7 Pemudik Positif Virus Corona

Kedatangan petugas sempat membuat beberapa petani terkejut.

Polisi mendata para petani di Desa Suka Tenang untuk mendapatkan tes swab antigen gratis.
Polisi mendata para petani di Desa Suka Tenang untuk mendapatkan tes swab antigen gratis. (istimewa)

Namun setelah petugas memberikan edukasi, mereka kemudian dengan rela melakukan tes swab antigen.

Shodirin menjelaskan, pihaknya menerima data para petani yang melakukan perjalanan mudim melalui pengurus RT dan RW sehingga mengetahui siapa saja petani yang baru pulang dari kampung halamannya.

Baca juga: Jumlah Petani Menurun, Stafsus Wapres Dr Lukmanul Hakim Ajak Anak Muda Bertani Greenhouse Aquaponik

"Belakangan ini adanya lonjakan Covid-19 di Kabupaten Bekasi, kepada warga masyarakat di Suka Wangi yang mayoritas bekerja sebagai petani, langsung didatangi untuk dilakukan tes swab secara gratis. Karena sempat mudik lebaran dan hari ini kebanyakan yang dilakukan tes swab merupakan petani sawah," ucapnya.

Shodirin berharap dilakukanya kegiatan tersebut bisa menekan angka penularan Covid-19 di wilayahnya.

Sementara itu, Jahrudin (40) petani asal Indramayu mengapresiasi kegiatan yang digelar guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 melalui klaster petani.

Baca juga: Impor Garam Makin Menggila, Bu Susi Prihatin Nasib Petani, Memohon kepada Jokowi Kurangi Kuota Impor

"Alhamdulillah dengan adanya tes swab secara gratis, dapat mengetahui apakah terpapar atau tidak, karena kemarin sempat mudik bersama keluarga dan petani lainnya di wilayah Indramayu," tutur Jahrudin.

Ia bersyukur bahwa hasil pemeriksaan menunjukkan ia negatif Covid-19 sehingga ia dapat kembali bekerja dengan tenang tanpa khawatir tertular setelah pulang kampung.

"Kemarin sempat mudik bersama sama dengan para petani sawah ke kampung halaman untuk berlebaran dan alhamdulillah hasilnya negatif," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved