Berita Nasional

Rampungkan Rapat Koordinasi, Sandi Targetkan Revitalisasi Kawasan Borobudur Terealisasi Tahun Ini

Rampungkan Rapat Koordinasi, Sandiaga Uno Targetkan Revitalisasi Kawasan Borobudur Terealisasi Tahun Ini

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno bersama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan dalam Festival Joglo Semar, Borobudur, Yogyakarta pada Kamis (20/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, YOGYAKARTA - Target percepatan revitalisasi kawasan Borobudur yang meliputi Yogyakarta, Solo, Semarang atau biasa disebut Joglo Semar diyakini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno akan tercapai tahun ini.

Kawasan Borobudur yang termasuk dalam lima destinasi super prioritas itu akan dibangun menjadi kawasan terintegrasi dengan desa wisata, sentra ekonomi kreatif serta sejumlah destinasi wisata di Jawa Tengah. 

Kabar baik itu disampaikan Sandiaga Uno usai menggelar rapat koordinasi dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Dewan Pengarah serta sejumlah menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. 

Antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. 

Selanjutnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud), Nadiem Makarim. 

Baca juga: Buka Peluang Usaha, Sandiaga Uno Minta UMKM Manfaatkan Pasar Online & Produksi Konten digital

Kemudian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil.

Selain itu, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono ke X dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin.

"Tindak lanjutnya yang dapat kami laporkan, pertama untuk Badan Otorita Borobudur adalah kita akan memastikan bahwa dalam beberapa bulan ke depan, akses jalan dan infrastruktur menuju lahan otorita itu bisa mulai dikerjakan dengan payung hukumnya yaitu Kepres (Keputusan Presiden)," papar Sandiaga Uno.

"Kedua tentang status lahan yang sedang kami upayakan menjadi HPL, pengurusan dari APL (areal penggunaan lain) ke HPL (hak pengelolaan lahan). Nah ini yang akan kita lakukan, targetnya bulan Juli ini untuk yang Poligon 2, dan Desember untuk yang Poligon 1," jelasnya.

Baca juga: Buka Peluang Usaha, Sandiaga Uno Kolaborasi BKPM Bentuk Tim Bersama Pencari Investor

Selanjutnya diungkapkan Sandiaga Uno mengenai kerjasama jangka panjang antara Kemenparekraf dengan Perum Perhutani. 

Kerjasama yang tercatat dalam bingkai MOU dengan Kementerian BUMN itu katanya akan kita dorong kepada Dewan Pengarah. 

Langkah tersebut bertujuan untuk memastikan agar kerjasama tersebut bisa ditandatangani dan segera direalisasikan.

"Selanjutnya adalah pembentukan BLU. BLU ini sudah masuk ke dalam tahapan pembahasan dan kita harapkan ini bisa selesai," jelas Sandiaga Uno.

"Ini berkaitan dengan lahan yang ada di lahan otorita kita, sedangkan tentang fungsi koordinatif dari Badan Otorita Borobudur tadi kita sudah bicara dalam konsep Joglo Semar," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved