Breaking News:

Konflik Israel Palestina

KSP Moeldoko: Sikap Indonesia Tak Pernah Berubah, Tetap Kecam Serangan Israel ke Palestina

sikap pemerintah Indonesia tidak akan berubah menyikapi konflik Israel dan Palestina

Editor: Bambang Putranto
afp/aljazeera.com
Serangan Israel di Jalur Gaza, sebagai balasan atas serangan roket dari Hamas 

Wartakotalive.com, Jakarta - Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko, menegaskan sikap pemerintah Indonesia tidak akan berubah menyikapi konflik Israel dan Palestina. Indonesia tetap mengecam dengan keras tindakan dari Israel.

"Pada dasarnya, sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah di dalam konteks situasi yang baru saja berkembang. Indonesia telah mengecam atas tindakan kekerasan, yaitu serangan secara eskalatif yang dilakukan Israel ke Gaza, yang menewaskan banyak korban termasuk anak-anak dan perempuan," ungkap Moeldoko dalam tayangan video yang diperoleh Tribunnews.com, Kamis (20/5/2021).

Ia mengatakan apa yang dilakukan Israel, termasuk penghancuran kantor berita Associated Press dan Al-Jazeera di Palestina, semakin menegaskan krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza dan sekitarnya.

Menurut Moeldoko, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah berkomunikasi dengan sejumlah pemimpin negara terkait peristiwa tersebut. Hal ini diharapkan dapat membantu mengakhiri kekerasan yang dilakukan Israel kepada warga Palestina.

"Agar apa? Agar dapat membantu penyelesaian Palestina dan terutama untuk bisa mengakhiri tindak kekerasan sehingga korban jiwa tidak semakin bertambah. Dan juga menghadirkan keadilan bagi masyarakat Palestina," ujar Moeldoko.

Menlu Retno

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bertemu dengan Presiden Majelis Umum PBB dan Presiden Dewan Keamanan (DK) PBB di New York Amerika Serikat (AS) jelang pertemuan darurat PBB yang akan membahas situasi Palestina dan umumnya situasi di Timur Tengah pada Rabu (19/5/2021).

“Saya baru tiba pagi ini di New York, utamanya untuk mengikuti pertemuan khusus yang akan diselenggarakan Majelis Umum PBB besok,” kata Retno lewat video singkat.

Rencananya sidang umum PBB tersebut akan akan berlangsung hari Kamis (20/5/2021) pagi hari waktu New York.

Dalam sebuah video singkat, Retno mengatakan pertemuannya dengan Presiden Majelis Umum PBB untuk membahas pertemuan yang akan berlangsung besok.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved