Breaking News:

Jalani Uji Laik Operasi Jaringan 5G, Telkomsel Pilih Kawasan Perumahan Elit dan Kompleks Menteri

Lokasi uji laik operasi jaringan 5G di perumahan Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Editor: Ichwan Chasani
marketeers.com via TribunKaltim
Logo Telkomsel 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Telkomsel terpilih menjadi operator pertama yang siap menguji coba jaringan 5G di Indonesia dalam waktu dekat. Sebanyak enam lokasi di Jakarta dan sekitarnya telah dipilih Telkomsel dalam uji coba jaringan 5G.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari penetapan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI mengenai Penetapan Telkomsel sebagai Pemenang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa Telkomsel bakal meluncurkan layanan 5G di DKI Jakarta dan sekitarnya. Kegiatan ini merupakan rangkaian proses sebelum jaringan 5G bisa dikomersialisasi. Hal itu akan terealisasi bila Telkomsel selesai dan dinyatakan lulus dalam seluruh proses Uji Laik Operasi (ULO) teknologi 5G.

"Apabila seluruh proses ULO teknologi 5G oleh Telkomsel ini sudah selesai dan dinyatakan lulus, Telkomsel pada tahap awal merencanakan akan melakukan launching di Jakarta di 6 lokasi," ujar Johnny, Rabu (19/5/2021).

Enam lokasi yang ditetapkan Telkomsel untuk ULO jaringan 5G di Jakarta antara lain perumahan Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Lokasi-lokasi ini terbilang merupakan kawasan real estate atau perumahan elite di Jabodetabek. Seperti kompleks Widya Chandra, kawasan di pusat kota Jakarta Selatan ini dilingkari pusat bisnis terintegrasi dan strategis seperti SCBD. Komplek yang dikenal juga sebagai hunian para menteri dan pejabat-pejabat tinggi negara.

Tak jauh beda dengan kawasan Pantai Indah Kapuk dan Kelapa Gading, kedua lokasi ini juga merupakan kawasan pesisir utara Jakarta yang memiliki hunian mewah. Sebut saja kawasan pantai reklamasi di PIK 1 dan PIK 2 yang terus kini tengah digarap pembangunanya.

Sementara Kelapa Gading juga merupakan kawasan di mana banyak hunian eksklusif dan real estate yang dihuni oleh publik figur dan pejabat tinggi.

Untuk kawasan BSD dan Alam Sutera juga merupakan kawasan perumahan elite di Kota Tangerang Selatan. Di sini juga terdapat kantor perwakilan Telkom, yaitu GraPARI Telkom Group yang merupakan kantor pusat Telkomsel Area 2 (Jabodetabek, Jabar, Banten).

Selain di Jabodetabek, Telkomsel juga berencana menyediakan layanan 5G di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Jika ULO tersebut berjalan sukses, uji coba komersialisasi 5G rencananya juga akan dilakukan di beberapa kota lainnya

Lebih lanjut, Johnny mengatakan Telkomsel sedang melakukan proses ULO teknologi 5G yang diawasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo. Melalaikan direktorat ini, Kominfo akan memantau terus perkembangan uji coba jaringan 5G Telkomsel berjalan.

Sesuai ketentuan Kominfo, setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru wajib melakukan ULO untuk memastikan layanan seluler kepada masyarakat telah memenuhi kualitas layanan yang memadai.

"Pita frekuensi radio yang direncanakan akan digunakan Telkomsel untuk teknologi 5G ini menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1800 MHz untuk control plane," ujar Johnny. (Fandi Permana)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved