Kendaraan Listrik

Budi Karya Sumadi Siapkan Road Map Penggunaan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai di Indonesia

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tenhah menyiapkan aturan main untuk mempercepat realisasi kendaraan listrik di Indonesia.

Editor: Valentino Verry
dokpri
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah merancang road map kendaraan listrik di Indonesia. Peta jalan kendaraan listrik ini telah melalui koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi terkait seperti apa pelaksanaannya. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan road map atau peta jalan, untuk mendukung percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan di Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, peta jalan kendaraan listrik ini telah melalui koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi terkait seperti apa pelaksanaannya.

Dalam peta jalan kendaraan listrik ini, lanjut Budi, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah dalam penggunaannya sebagai kendaraan operasional.

"Kami telah merencanakanan bahwa kendaraan listrik berbasis baterai ini akan menjadi kendaraan operasional, pada tiga kota percontohan yaitu Jakarta, Jawa Barat dan Bali," kata Budi, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Yuk Ikut Kompetisi Prototype Kendaraan Listrik PLN ICE 2021, Total Hadiah Rp 1 Miliar

Menurut Budi, Kemenhub juga telah melakukan beberapa upaya untuk mendorong percepatan program kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

"Upaya tersebut dengan menerbitkan beberapa regulasi, menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai di lingkungan Kemenhub," ucap Budi.

Upaya lainnya, menurut Budi, dengan mendorong angkutan umum seperti Transjakarta, Damri, angkutan bandara untuk menggunakan bus dengan tenaga listrik.

"Selain itu, kami juga akan mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis listrik, pada program Buy The Service di beberapa kota," kata Budi.

PLN pun mendukung langkah pemerintah memobilisasi kendaraan listrik.

Bahkan mereka menyediakan potongan harga alias diskon hingga 30 persen jika melakukan pengisian daya kendaraan listrik di rumah pada jam tertentu.

Simak penjelasan lengkapnya pada lanjutan wawancara tim redaksi Warta Kota dengan Doddy Pangaribuan, General Manager PLN UID Jakarta Raya yang berlangsung secara virtual belum lama ini:

Baca juga: Terinspirasi dari Formula E, Michelin Ciptakan Ban untuk Kendaraan Listrik

Sebelum Anda menjelaskan perihal kendaraan listrik, bisa dijelaskan perilaku masyarakat di Jakarta saat menggunakan listrik, apakah masuk kategori boros?

Saya sudah berkeliling di antaranya ke Jawa Barat, Riau, Bali, Banten, kemudian Jakarta, memang dengan tingkat pendapatan atau kesejahteraan yang relatif lebih tinggi, memang (penggunaan listrik di Jakarta) cenderung lebih tinggi daripada provinsi lain.

Namun buat kami tidak ada masalah yang penting mereka bayar dan mengunakan untuk kegiatan yang produktif.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved