Breaking News:

Virus Corona Jakarta

Wagub DKI Ariza Tanggapi Pernyataan Satgas soal Kepatuhan Prokes di Wisata Jakarta Terendah

Pemprov DKI Jakarta sudah berupaya maksimal melakukan kampanye, bahkan mengeluarkan sejumlah regulasi demi menekan penyebaran Covid-19.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Desy Selviany
Wagub DKI Ahmad Riza Patria menanggapi pernyataan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito soal kepatuhan prokes di wisata Jakarta berada di tingkat rendah. Foto dok: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkankan motif penusukan yang menimpa Plt Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi pernyataan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito soal kepatuhan prokes di wisata Jakarta berada di tingkat rendah.

Ariza menyebut, Pemprov DKI Jakarta sudah berupaya maksimal melakukan kampanye, bahkan mengeluarkan sejumlah regulasi demi menekan penyebaran Covid-19.

"Regulasi yang dimungkinkan 50 persen (kapasitas pengunjung), lalu kami turunkan (ketatkan) menjadi 30 persen. Kemudian pendaftarannya tiket juga tidak fisik langsung, tapi melalui online," kata Ariza di Balai Kota DKI pada Selasa (18/5/2021) malam.

Selain itu, kata dia, Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng aparat TNI dan Polri untuk membantu pengamanan prokes.

Kehadiran mereka diharapkan dapat mendorong warga untuk tetap patuh mengikuti prokes 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Baca juga: Usai Lebaran, Puluhan Warga Satu Perumahan di Bogor Positif Covid-19, di Sukabumi 1 Orang Meninggal

Baca juga: Duterte Akan Kembali Terapkan Lockdown Lebih Ketat Jika Kasus Covid-19 Melonjak Lagi

"Sesungguhnya kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Tapi mungkin di beberapa titik ada kerumunan, tapi secara umum yang kami lihat dari laporan, dan hasil pengecekan serta pemantauan, ya cukup baik," imbuhnya.

"Jadi protokol kesehatan di DKI Jakarta cukup baik  bahkan tidak sampe 30 persen (kapasitas pengunjung wisata)," lanjutnya.

Seperti diketahui, Satgas Covid-19 merilis daerah yang masyarakatnya paling rendah dalam menerapkan prokes di tempat wisata.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kepatuhan prokes di tempat wisata paling rendah.

Baca juga: Tiga Penumpang Bus di Dua Terminal di Jakarta Timur Positif Covid-19, Ini Penjelasan Kepala Terminal

Menurut Wiku, hanya 27 persen warga yang patuh untuk menjaga jarak di tempat wisata. Selain DKI Jakarta, ada Provinsi Bangka Belitung, Riau dan Sumatera Selatan juga mencatatkan persentase kepatuhan yang rendah terkait prokes.

Di ketiga provinsi itu, masyarakat yang patuh dalam menjaga jarak di tempat wisata masing-masing sebesar 33 persen, 58 persen, dan 62 persen.

"Saya menyayangkan ini terjadi kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak bahkan di kota besar DKI Jakarta mencatatkan angka terendah di tempat wisata, tempat yang ramai dikunjungi masyarakat dan berpotensi meningkatkan penularan Covid-19," ujar Wiku yang dikutip Kompas.tv melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5/2021). (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved