Breaking News:

VIDEO Anis Sebut 148 Pemudik Positif Covid-19 Saat Pemeriksaan Rapid Test Arus Balik Lebaran

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan sebanyak 148 pemudik positif atau reaktif Covid-19 setelah dilakukan rapid test antigen

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Murtopo
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman mengunjungi lokasi drive thru rapid test antigen, di Parkir Bay Ruas Tol Jakarta Cikampek KM 34 Cibatu Kabupaten Bekasi, pada Rabu (19/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan sebanyak 148 pemudik positif atau reaktif Covid-19 setelah dilakukan rapid test antigen di pos pemeriksaan saat arus balik Lebaran 2021.

Diketahui Polda Metro Jaya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebar sejumlah posko terpadu untuk dilakukan pemeriksaan rapid test antigen.

Lokasinya seperti di ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek, Pelabuhan, Terminal dan lainnya.

"Tujuannya menjaga agar mereka-mereka yang terpapar bisa terdeteksi awal supaya tidak menular," kata Anies, saat konferensi pers di lokasi drive thru rapid test antigen, di Ruas Tol Jakarta Cikampek KM 34 Cibatu Kabupaten Bekasi, pada Rabu (19/5/2021).

Baca juga: VIDEO Gubernur Anies Pantau Warga Sunter Agung yang Kembali Datang ke Jakarta Setelah Mudik Lebaran

Baca juga: Apresiasi Warga DKI Jakarta yang Tidak Mudik Lebaran, Anies: Anda Adalah Pahlawan

Baca juga: Arus Balik Mudik Lebaran, Ada 148 Pemudik Positif Covid-19, Ini Rinciannya Menurut Anies Baswedan

Anies menjelaskan ada sebanyak 5.955 kendaraan yang dilakukan pemeriksaan.

Dari jumlah itu, sebanyak 22.910 pemudik yang dilakukan tes rapid antigen.

"Dari angka itu ditemukan 148 orang positif atau reaktif," ungkap Anies.

Dari jumlah 148 reaktif itu, 57 dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, 17 ke rumah sakit lainnya dan 74 isolasi mandiri.

Ditegaskan Anies, walaupun secara persentase jumlahnya kecil. Akan tetapi jika mereka yang positif itu tidak terdeteksi maka mereka akan menjadi carrier menyebarkan ke orang lain.

Baca juga: Camat Ciledug Bantah Ada Satu Keluarga Positif Virus Corona karena Mudik Lebaran

Baca juga: VIDEO Penyekatan Mudik Berakhir, Terminal Kalideres Malah Dipadati Penumpang yang Akan Mudik

"Kita tidak ingin kondisi ini berbalik seperti yang terjadi di awal tahun. Apalagi saat ini kasus aktif di Jakarta sudah cenderung menurun, jangan sampai ihtiar kita terganggu setelah libur lebaran ini," imbuh dia.

Anies mengapresiasi atas kerja keras dan kerja bersama para petugas yang melaksanakan kegiatan pemeriksaan ini secara profesional.

Diharapkan langkah ini dapat menjaga Jakarta dan sekitarnya dari peningkatan kasus Covid-19.

"Petugas-petugas melaksanakan secara profesional saya sampaikan apresiasi kepada petugas Polda Metro Jaya, Kodam dan Dinas Kesehatan, Dishub, Satpol PP  serta lainnya yang kompak melaksanakan ini. Harapannya Jakarta sekitarnya bisa segera terbebas, selain upaya program vaksinasi ini," tandas dia. (MAZ) 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved