Breaking News:

Prakiraan Cuaca

UPDATE Prakiraan Cuaca Rabu 19 Mei 2021, BMKG: Hujan Lebat Guyur Sejumlah Daerah di Indonesia

BMKG memprakirakan, hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang melanda sejumlah daerah di Indonesia.

Warta Kota/Banu Adikara
Hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang melanda sejumlah daerah di Indonesia, Rabu (19/5/2021). Foto ilustrasi: Suasana hujan lebat di pintu Tol Meruya, Kamis (14/5) siang. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang melanda sejumlah daerah di Indonesia.

Berdasarkan data dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG Jakarta, Rabu (19/5/2021), daerah-daerah yang berpotensi hujan Bangka Belitung, Banten, Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Papua Barat.

Sementara DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan berpotensi mengalami hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Di Papua, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Nusa Tenggara Barat perlu mewaspadai tinggi gelombang yang mencapai dua meter atau lebih di Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat dan Selat Sape bagian Selatan.

Baca juga: Isu Fenomena Gelombang Panas Melanda Indonesia Beredar di Grup WhatsApp, Berikut Ini Penjelasan BMKG

Baca juga: CUACA Ekstrem Berpotensi di 30 Wilayah Indonesia Senin 17 Mei 2021, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Sedangkan Nusa Tenggara Timur diimbau mewaspadai potensi angin kencang di Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu dan Pulau Sumba.

Selain itu, potensi hujan lebat disertai petir berpeluang terjadi di Laut Natuna, Perairan Utara Halmahera, Perairan Kepulauan Sangihe - Talaud, dan Laut Flores bagian Barat.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi yakni 2,5-4 meter antara lain di:

Baca juga: BMKG: 16 Provinsi Berstatus Waspada Banjir yang Dipicu Potensi Hujan Lebat

- Laut Banda utara bagian barat,

- Perairan Tanimbar,

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved