Breaking News:

Jemput Bola, Ditreskrimsus Polda Metro Gelar Tes Swab Antigen 70 Pemudik Warga Kalibata, Jaksel

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menggelar tes swab antigen gratis kepada pemudik yang kembali ke Jakarta.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Max Agung Pribadi
Wartakotalive.com
Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya memberikan tes swab antigen gratis kepada pemudik yang kembali di Jakarta di 5 Kampung Tangguh Jaya (KTJ) yang dibinanya, salah satunya di Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (18/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya menggelar tes swab antigen gratis kepada pemudik yang kembali ke Jakarta.

Layanan tersebut digelar di lima lokasi Kampung Tangguh Jaya (KTJ) yang dibina Polda Metro Jaya mulai Selasa (18/5/2021).

Lima Kampung Tangguh Jaya setingkat RW yang dibina dan diawasi langsung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya tersebar di Kalibata, Pancoran, Lenteng Agung, Pela Mampang, dan Pesanggrahan. 

Baca juga: Terminal di Jakarta Kembali Beroperasi, Penumpang dari Daerah Wajib Tes Swab Antigen

Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Auliansyah Lubis mengatakan tes swab antigen gratis ke pemudik di 5 KTJ ini, sebagai langkah pihaknya untuk melakukan 3T (Tracing, Testing, dan Treatment) dalam mengantisipasi penularan Covid-19,

Menurutnya hal ini juga sebagai tindak lanjut himbauan pemerintah dan instruksi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, agar jajarannya berperan aktif melakukan 3 T bagi warga yang pulang mudik. 

“Jadi dengan cara testing swab antigen yang kita lakukan ke masyarakat yang baru kembali dari mudik ini, kita berharap bisa menekan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Jakarta,” kata Auliansyah Lubis di pos swab antigen di SDN Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Selasa (18/5/2021). 

Baca juga: Kantongi Hasil Negatif Tes Swab Antigen, Pemudik dari Kebumen Ini Santai 3 Kali Dihentikan Petugas

Auliansyah mengatakan, jemput bola dengan melakukan swab antigen kepada warga juga bagian dari upaya meminimalisir lonjakan kasus baru Covid-19 di Jakarta usai libur Lebaran.  

Ia menjelaskan sebanyak lima area wilayah setingkat RW masuk dalam program Kampung Tangguh Jaya (KTJ) yang dilakukan pengawasan langsung oleh Direskrimsus Polda Metro Jaya. Yakni KTJ wilayah Kalibata, KTJ di Kecamatan Pancoran, KTJ Lenteng Agung, KTJ Pela Mampang, dan KTJ Pesanggrahan. 

“Di setiap KTJ akan kita lakukan tes swab antigen gratis seperti ini. Gratis, artinya tidak dipungut biaya apapun," kata Auliansyah. 

Dari pantauan, sekitar 70 pemudik di KTJ Kalibata dilakukan tes swab antigen oleh petugas. Hasilnya, hingga saat ini belum ditemukan ada warga pulang mudik reaktif Covid-19. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved