Breaking News:

Berita Jakarta

Flyover Cakung Beroperasi Permanen, Kawasan Pulogebang Terapkan Sistem Satu Arah

Flyover Cakung dibuka permanen sehingga di kawasan Pulogebang kini diberlakukan sistem lalu lintas satu arah.

Warta Kota
Flyover Cakung, Jakarta Timur. Progres pembangunannya kini mencapai 96,44 persen. 

WARTAKOTALIVE.COM, CAKUNG - Sistem satu arah (SSA) lalu lintas diberlakukan di kawasan Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur untuk mengurai kemacetan seiring beroperasinya Flyover Cakung secara permanen. 

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Benhard Hutajulu mengatakan SSA diberlakukan untuk memecah kemacetan yang selama ini kerap terjadi di Jalan Dr. Soemarno. 

"Setelah uji coba flyover tahap pertama dan kedua rampung, kini SSA akhirnya diberlakukan," kata Benhard, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Kompor Meledak saat Bikin Kue Lebaran, Dua Kontrakan di Cakung Hangus Terbakar

Benard menambahkan penerapan ini dilakukan demi kenyamanan dan keselamatan sehingga tidak ada lagi kemacetan yang timbul akibat penyempitan jalan dari arah Jalan Dr Soemarno. 

"Satu permasalahan akan kemacetan yang timbul pada jam kerja pun akhirnya terselesaikan dengan baik," ujarnya.

Kasi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Riky Erwinda mengatakan pihaknya setiap hari mengerahkan 34 personel yang disebar di 12 titik.

Baca juga: Dinas Bina Marga DKI Jakarta Masih Temukan Kekurangan Selama Uji Coba Flyover Cakung

"Mereka akan mengatur dan mengarahkan pengendara agar mengikuti rambu lalu lintas yang telah dipasang sejak diberlakukannya SSA ini,” ungkapnya. 

Nantinya di Jalan Sumarno untuk kendaraan dari arah barat menuju ke timur atau dari Pondok Kopi menuju Pulogebang. Kendaraan dari arah timur (Bekasi) menuju barat (Jakarta) dialihkan. 

"Kendaraan dari Jalan Raya Pulogebang dialihkan menuju ke Jalan Sentra Primer Timur – Jalan Cakung Cilincing sisi Timur – Jalan Raya Stasiun Cakung – Jalan Cakung Cilincing sisi Barat – Jalan Sentra Primer – Jalan Sumarno – Jalan Raya Penggilingan," ungkapnya.

Baca juga: Akomodir Pesepeda, Flyover Cakung Dilengkapi Jalur Khusus Sepeda

Kendaraan yang keluar dari Tol JORR, tidak bisa lagi memutar arah menuju ke Stasiun Cakung atau kawasan KBT, namun harus berjalan lurus ke arah Jalan Sumarno atau Flyover Sentra Primer. 

Apabila akan ke Terminal Pulogebang atau Stasiun Cakung maka kendaraan bisa langsung berputar di kupingan Flyover Sentra Primer. Sebelumnya kupingan tersebut sempat ditutup. 

“Penutupan lantaran lalu lintas di Flyover Sentra Primer diberlakukan dua arah," ujarnya. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved