Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Warga DKI Jakarta di Pemukiman Kumuh Lakukan Vaksinasi Covid-19 Pada Gelombang Ketiga

Pemprov DKI Jakarta telah menyuntikan vaksin sekitar 142.000 warga pada gelombang ketiga vaksinasi.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dian Anditya Mutiara
Warta kota
Ilustrasi -- Pemprov DKI Jakarta yang menjadi tempat pilot project vaksinasi gelombang ketiga, agar memprioritaskan masyarakat rentan di tempat kumuh. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta telah menyuntikan vaksin sekitar 142.000 warga di lokasi kumuh pada gelombang ketiga vaksinasi.

Angka itu berdasarkan pendataan petugas sejak vaksinasi Covid-19 gelombang ketiga dimulai pada Rabu (5/5/2021), sampai Selasa (18/5/2021) ini.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengaku, saat ini masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan soal jumlah total penerima vaksin untuk gelombang ketiga.

Tercatat ada tiga kelompok masyarakat rentan yang menjadi sasaran vaksinasi tahap ketiga.

Tiga kelompok itu adalah masyarakat kumuh di 445 RW, warga yang wilayahnya terdapat atau berpotensi terjadinya kasus Covid-19 dengan variant of concern (VOC), terakhir di zona oranye dan merah selama kebijakan PPKM berbasis mikro berlangsung.

Baca juga: Kementerian Kesehatan: Tak Perlu Membeda-bedakan Merek Vaksin, Keamanan dan Manfaatnya Sama

Baca juga: Keluarga Trio yang Meninggal Usai Disuntik Vaksin AstraZeneca Bersedia Jenazah Diotopsi

“Saat ini sudah dilakukan vaksinasi dari tanggal 5 Mei sampai sekarang itu sekitar 142.000 orang. Jadi memang sudah cukup banyak dilakukan vaksinasi untuk masyarakat rentan,” kata Ngabila saat acara dialog virtual yang bertema ‘Vaksinasi Gelombang Ketiga Dimulai’ pada Selasa (18/5/2021).

Menurutnya, antusiasme masyarakat yang mengikuti vaksin ini cukup tinggi.

Namun dia tetap meminta kepada masyarakat kelompok rentan yang telah mendapatkan vaksin, agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Adapun prokes yang dimaksud adalah 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Vaksinasi merupakan ikhtiar kita bersama untuk mengendalikan wabah, di mana target herd immunity minimal 60-80 persen,” ujarnya.

Baca juga: Sebanyak 1,4 juta lebih Warga Sudah Jalani Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved