Breaking News:

Pantau Pemudik yang Kembali, Sudin Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Aplikasi Data Warga

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Utara terus menggencarkan sosialisasi penggunaan aplikasi Data Warga untuk memantau pemudik.

Dok Sudin Dukcapil Jakarta Utara
Suku Dinas Dukcapil Jakarta Utara gelar pelayanan mobile di zona merah Covid-19 yakni RW 01 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Selasa (30/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNGPRIOK - Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara terus menggencarkan sosialisasi penggunaan aplikasi Data Warga untuk memantau pemudik yang telah kembali ke rumah.

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Utara Edward Idris mengatakan sosialisasi penggunaan aplikasi Data Warga dilakukan ke seluruh kelurahan guna mencegah penyebaran Covid-19. 

"Pendataan kali ini tindak lanjutnya tes Covid-19. Pendataan ini juga bisa sebagai bank data warga untuk kepentingan kebijakan pemerintah," jelas Edward, Senin (17/5/2021). 

Baca juga: DUH, 10 Pemudik Dinyatakan Positif Covid-19 Saat Jalani Swab Tes Antigen di Polsek Pamulang

Edward memastikan operator yang bertugas di kelurahan bisa membantu pendataan apabila user dalam hal ini para pengurus RT/RW setempat tidak paham cara menggunakannya.

"Nanti operator kami di kelurahan membantunya apabila mereka tidak paham menggunakannya," ungkap Edward.

Sementara itu apabila dilihat dari aplikasi Data Warga (DW) tercatat sudah ada 129 pemudik yang telah kembali ke Jakarta Utara pada Senin (17/5/2021) pukul 08.40 WIB.

Baca juga: Swab Test Antigen Gratis di Polsek Pamulang, 10 Pemudik Positif Covid-19, Kapolsek: Isolasi Mandiri

Dari jumlah tersebut, 103 jiwa di antaranya warga DKI Jakarta dan 26 jiwa lainnya bukan warga DKI Jakarta. Adapun 72 jiwa di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan 57 lainnya perempuan.

"Dari 126 jiwa, delapan jiwa telah menjalani tes PCR dan 17 jiwa lainnya menjalani tes antigen. Sisanya 104 jiwa belum tes Covid-19," ujarnya.

Adapun warga yang terdata akan ditanyakan hasil tes Covid-19.

Baca juga: VIDEO Petugas Gabungan Periksa Acak Pemudik di Cek Poin Sasak Jarang Kota Bekasi

Apabila tidak ada, petugas medis dari puskesmas setempat berkolaborasi dengan aparatur kelurahan akan melakukan pemeriksaan kesehatan tes antigen atau PCR.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved