Breaking News:

Berita Bogor

Memperdayakan Petani dan UMKM di Kabupaten Bogor, IPB Kembangkan Singkong Jadi Tepung Komposit

Memperdayakan petani dan UMKM di Kabupaten Bogor, IPB kembangkan tanaman singkong jadi tepung komposit. Siap bekerjasama dengan Pemkab Bogor.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Dodi Hasanuddin
Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan meninjau produk UKM di Sentul, Selasa (18/5/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Memperdayakan petani dan UMKM di Kabupaten Bogor, IPB mengembangkan tanaman singkong jadi tepung komposit.

Pemerintah Kabupaten Bogor menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk memberdayakan petani dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah di wilayah ini.

Kerjasama ini fokus pada program digitalisasi sehingga para petani melek teknologi dan lebih mudah mengakses permodalan melalui perbankan.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Nunung Nuryantono, mengatakan, Kabupaten Bogor memiliki program Pancakarsa untuk memajukan pembangunan daerah.

"Melalui kolaborasi dan kerjasama ini, kami siap mendukung upaya peningkatan kesejahteraan petani, pelaku UMKM dan terwujudnya program Pancakarsa di Kabupaten Bogor," kata Nunung, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Libur Idul Fitri 2021 Usai, Ini Harapan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim untuk Masyarakat

Berbicara tentang inklusi keuangan, lanjutnya,  tidak terlepas dari konteks bagaimana jadi salah satu bagian mendukung pembangunan daerah.

“Dengan cara kreatif inilah upaya kita untuk dapat meningkatkan kesejahteraan petani," jelasnya.

Ada beberapa upaya pemberdayaan yang telah dilakukan IPB terhadap petani dan pelaku UKM di Kabupaten Bogor.

Baca juga: Cegah Klaster di Lokasi Wisata, Bupati Bogor Minta Camat Tegas Bubarkan Kerumunan

Sebut saja, pengembangan tanaman singkong untuk dijadikan tepung komposit yang dapat menghasilkan nilai ekonomi tinggi di Kecamatan Jonggol.

"Kami siap bekerjasama dengan Pemkab Bogor. Kami juga akan mengeksplore mahasiswa kami untuk menjadi pendamping para petani," papar Nunung.

"Para mahasiswa akan angsung terjun ke lapangan untuk dapat berkolaborasi menghasilkan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan kualitas hasil pertanian di Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved