Breaking News:

Banjir

Tanpa Hujan, Permukiman di Kebon Pala Terendam Banjir Setinggi Dua Meter Akibat Luapan Kali Ciliwung

Permukiman warga Kebon Pala RW 04 dan RW 05 Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (17/5/2021) terendam banjir, meski tak hujan.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Valentino Verry
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Permukiman warga Kebon Pala RW 04 dan RW 05 Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (17/5/2021) terendam banjir akibat luapan Kali Ciliwung. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Permukiman warga Kebon Pala RW 04 dan RW 05 Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (17/5/2021) terendam banjir akibat luapan Kali Ciliwung

Seorang warga, Joni (42) menceritakan banjir yang merendam permukiman warga RW 04 dan RW 05 Kampung Melayu tersebut mencapai puncak titik tertinggi sekitar pukul 04.00 WIB. 

"Ketinggian air sekarang masih sekitar dua meter, apalagi di rumah warga yang ada bagian belakang (dekat bantaran Kali Ciliwung)," kata Joni, Senin (17/5/2021).

Baca juga: BMKG: 16 Provinsi Berstatus Waspada Banjir yang Dipicu Potensi Hujan Lebat

Baca juga: Gara-gara Jokowi, Kini Pemilik Restoran Bipang Ambawang Kewalahan, Banjir Pesanan

Banjir akibat kiriman dari Depok, Jawa Barat itu sudah diprediksi warga pada Minggu (16/5/2021) sekitar pukul 20.00 WIB usai menerima informasi status siaga dua Pos Pantau Kota Depok.

"Sekitar pukul 08.00 WIB tadi air sudah mulai surut, tapi ini surutnya lama jadi ketinggian sekitar dua meter. Ini yang rumah panggung baru selesai dibangun saja bagian bawahnya terendam," ujar Joni.

Sementara rumah panggung bagi warga Kebon Pala yang sedang direnovasi Pemprov DKI Jakarta dengan tinggi 3,5 meter untuk menghadapi banjir luapan Kali Ciliwung juga ikut terendam.

Ada sebanyak 18 rumah warga Kebon Pala yang kondisinya rusak berat direnovasi akibat selama ini terdampak banjir. Sementara sisanya dibedah tampak.

Joni mengatakan warga RW 04 dan RW 05 saat ini memilih bertahan di lantai dua rumah. Adapun barang-barang berharga ke lantai dua rumah.

Sementara kendaraan dipindah ke dekat kantor Kelurahan Kampung Melayu yang kontur tanahnya lebih tinggi.

Baca juga: Tujuh Lokasi Terendam Banjir Akibat Intensitas Hujan Tinggi, Paling Dalam di PML-PGP Capai 1 Meter

Baca juga: Banjir Sudah Surut, Warga Kampung Cipayung Bogor Dibayangi Ketakutan Bila Hujan Deras

Langkah itu kerap dilakukan warga yang rumahnya sering terendam banjir

"Sekarang warga milih bertahan di lantai dua rumahnya saja. Mudah-mudahan sih hari ini enggak hujan lagi jadi air cepat surut," ucapnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved