Breaking News:

Literasi

HUT ke- 41 Perpusnas: Integrasikan Penguatan Sisi Hulu dan Hilir untuk Perkuat Budaya Literasi

Syarif Bando mengatakan, dalam memperkuat budaya literasi, harus ada upaya holistik dan terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Feryanto Hadi
Istimewa
Merayakan hari jadinya yang ke -41, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar rangkaian kegiatan secara virtual, Senin (17/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - pada momentum ulang tahun ke -41,  Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mengajak seluruh pihak harus bersinergi dan  berkolaborasi dalam pembudayaan gemar membaca dan penguatan indeks literasi

“Dengan sinergi dan kolaborasi, marilah kita membuat regulasi mengenai distribusi bahan bacaan untuk memperkecil ketimpangan antarwilayah dan menganggarkan belanja buku yang sesuai dengan kondisi demografis masyarakat,” kata Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando dalam sambutannya  yang digelar secara virtual, Senin (17/5/2021).

HUT ke -41 Perpusnas mengusung tema 'Integrasi Penguatan Sisi Hulu & Hilir Budaya Literasi dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural'. 

Syarif Bando mengatakan, dalam memperkuat budaya literasi, harus ada upaya holistik dan terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Baca juga: Perpusnas RI Gandeng Perpusnas Korsel, Sejumlah Pustakawan Akan Magang di Negeri Ginseng

Penguatan peran dan kehadiran negara yakni eksekutif, legislatif, yudikatif, TNI dan Polri, para akademisi di perguruan tinggi, penulis buku, penerbit, pengusaha rekaman, penerjemah, penyadur, harus dilakukan dengan pengaturan regulasi distribusi bahan bacaan serta peningkatan anggaran belanja buku. 

"Penguatan di sisi hulu harus dilakukan, agar sisi hilir budaya literasi yakni indeks literasi dan peningkatan kegemaran membaca serta akses dan kualitas layanan bisa terwujud,” katanya.

Sementara itu, memperingati HUT ke-41, akan berlangsung rangkaian kegiatan dalam mendukung penguatan peran Perpusnas dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. 

Kegiatan dilaksanakan secara daring dan tatap muka, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Baca juga: Penghematan Anggaran Tak Pengaruhi Capaian Target Program Perpusnas

Tidak hanya digelar di pusat, rangkaian acara juga digelar UPT Perpustakaan Nasional yaitu UPT Perpustakaan Bung Karno di Blitar dan UPT Perpustakaan Bung Hatta di Bukittinggi.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung pada 17 Mei hingga 18 Juni 2021 tersebut, di antaranya peluncuran konsultasi daring dari unit kerja yang ada di Perpusnas, webinar Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, pameran Visualisasi Sejarah Perpustakaan & Perpustakaan Nasional di Indonesia dari Masa ke Masa.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved