Breaking News:

Warta Bisnis

Gojek dan Tokopedia Resmi Bentuk GoTo, Bisnis Kirim Barang, Makanan, Transportasi hingga Keuangan

Pembentukan Grup GoTo ini merupakan langkah kolaborasi kedua perusahaan yakni Gojek dan Tokopedia

(dok. Gojek)
Gojek dan Tokopedia resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo, Senin (17/5). Pembentukan Grup GoTo ini menghadirkan kombinasi layanan berupa e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- - Gojek dan Tokopedia resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo, Senin (17/5).

Pembentukan Grup GoTo ini merupakan langkah kolaborasi kedua perusahaan (Gojek dan Tokopedia) untuk menghadirkan kombinasi layanan berupa e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan.

Dalam pembentukan Grup GoTo, Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group, sedangkan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo. Sementara itu, Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan begitu juga William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Baca juga: Wujudkan Kerja Sama Dua Raksasa, Telkomsel Gelontorkan Dana Segar Rp 4,3 Triliun ke Gojek

Selain tanggung jawab di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. 

GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha.

Menurut Andre ini adalah momen yang sangat bersejarah dengan dibentuknya Grup GoTo serta menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Sehingga, mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya.

Baca juga: Peneliti Sarankan Telkomsel Tahan Diri untuk Investasi Besar Sebelum Merger Gojek-Tokopedia Terwujud

“Hadirnya Grup GoTo juga akan memungkinkan kami untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara,” ungkap Andre dalam keterangan tertulis, Senin (17/5).

Sementara Presiden GoTo, Patrik Cao menuturkan, model bisnis Grup GoTo akan semakin beragam, stabil, dan berkelanjutan. Sebab, akan mengkombinasikan transaksi platform Gojek dan Tokopedia.

“Kedepannya, Grup GoTo akan berkontribusi lebih dari 2 persen kepada total PDB Indonesia dan akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja serta peluang penghasilan seiring dengan berkembangnya bisnis kami dan bertumbuhnya ekonomi,” ujar Patrik.

Baca juga: Datangi Kedubes Palestina, Oki Setiana Dewi Kutuk Kekejaman Zionis Israel: Hentikan Penjajahan

Baca juga: Pemprov DKI Perpanjang PPKM Mikro Antisipasi Lonjakan Covid-19 pasca Idul Fitri

Sebagai informasi, Grup GoTo memiliki daftar investor blue-chip termasuk Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Paciļ¬c Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus. (dip)

Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved