Breaking News:

Cegah Penyebaran Covid-19, Wali Kota Bekasi Minta Para Kepala Puskesmas Lacak Pemudik di Tiap RT/RW

masyarakat tidak perlu bersusah payah untuk mengecek kesehatannya pribadi dirinya, karena segi fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bekasi sudah ada

WARTA KOTA/RANGGA BASKORO
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan pihaknya sudah mengerahkan petugas kesehatan yang berada di setiap wilayah-wilayah untuk melakukan tracking ke lingkup RT RW guna mengantisipasi terjadinya penyebaran Kasus Covid-19 sesuai arus balik mudik lebaran 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI SELATAN --- Sejumlah tempat karantina disiapkan Pemerintah Kota Bekasi untuk menampung pemudik saat arus balik Lebaran 2021.

Jika ditemukan pemudik yang terindikasi positif Covid-19 saat pemeriksaan di beberapa cek poin kawasan Kota Bekasi, nantinya akan dibawa ke tempat karantina sebelum bisa melanjutkan perjalanan.

"Kita sudah siapkan lokasi untuk mengkarantina pemudik yang kembali ke Bekasi, jika kondisi pemudik itu dalam status Covid-19," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Senin (17/5/2021).

Ada pun tempat karantina yang disiapkan merupakan fasilitas kesehatan yang tadinya dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Seperti Rumah Sakit Darurat (RSD) Stadion Patriot Chandrabaga dan empat Rumah Sakit Umum Daerah tipe D dan RSUD Dr Chasbullah Abdulmajid.

Sejauh ini, Rahmat menjelaskan beberapa pemudik kedapatan positif Covid-19.

Namun demikian, dirinya belum menerima laporannya secara mendetail.

"Ada beberapa pemudik yang positif, sudah dibawa dan dikarantina di RSUD Tipe D Bekasi Utara," ucapnya.

Untuk menimalisir penyebaran Covid-19 di wilayahnya, Rahmat sudah mengerahkan petugas kesehatan yang berada di setiap wilayah-wilayah untuk melakukan tracking ke lingkup RT RW guna mengantisipasi terjadinya penyebaran Kasus Covid-19 sesuai arus balik mudik lebaran 2021.

"Kami meminta kepada setiap Kepala Puskesmas di setiap kelurahan agar turun ke lingkup RT RW untuk melakukan tracing terhadap para pemudik yang sesuai melaksanakan mudik lebaran," ungkapnya.

Untuk itu, mereka akan melakukan pelacakan melalui petugas pamor di setiap masing-masing puskemas untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran.

Sehingga, kata dia bagi masyarakat tidak perlu bersusah payah untuk mengecek kesehatannya pribadi dirinya, karena segi fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bekasi sudah ada di setiap masing-masing wilayah.

"Langkah itu kita terapkan adalah bagaimana interaktif kita dalam melakukan proses tracking Covid-19," kata Rahmat.

Baca juga: Cegah Klaster Perkantoran Ade Yasin Minta Tiap Dinas Tak Gelar Dulu Silaturahmi Sambil Makan Bersama

Baca juga: Buru Perampok Perudapaksa ABG di Bintara, Kawan Pelaku Yang Ditangkap Diserahkan ke Polda Metro

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved