Breaking News:

Lebaran 2021

TPU di Jakarta Kembali Dibuka, Peziarah Tak Patuhi Prokes Bakal Semprot Disinfektan oleh Petugas

Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta kembali dibuka, Peziarah tak mematuhi prokes bakal disemprot disinfektan oleh petugas untuk cegah kerumunan.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dodi Hasanuddin
Warta Kota/Junianto Hamonangan
TPU di Jakarta Kembali Dibuka, Peziarah Tak Patuhi Prokes Bakal Semprot Disinfektan oleh Petugas. 

WARTAKOTALIVE.COM,TANAH ABANG - TPU di Jakarta kembali dibuka, peziarah tak patuhi prokes bakal disemprot disinfektan oleh petugas. 

Mulai besok Taman Pemakaman Umum (TPU) akan kembali dibuka untuk umum setelah sebelumnya ditutup sebagai langkah upaya pencegahan penularan Covid-19 dan kerumunan saat ziarah.

Meski kembali dibuka untuk warga yang akan melaksanakan ziarah kubur, namun petugas gabungan akan melaksanakan pengawasan secara ketat, meminimalisir membludaknya warga yang ziarah.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda, mengatakan,  pihaknya sudah berkoordinasi dengan tingkat kota terkait persiapan pembukaan kembali TPU pasca lebaran, setelah sebelumnya ditutup sementara.

"Kita sudah berkoordinasi dengan jajaran tingkat kota untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan di pintu masuk TPU, lalu kami juga akan memberikan himbauan," kata Mila dikonfirmasi, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: VIDEO Seluruh Pintu Masuk Taman Impian Jaya Ancol Ditutup pada Hari Minggu ini, Begini Suasananya

Sejauh ini terkait pengamanan, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota telah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk Satpol PP. Pengaman juga telah dilakukan sejak penutupan TPU beberapa waktu lalu.

"Kita semua unsur dilibatkan mulai Satpol PP, Dishub, Sudin Sosial, terus Damkar bahkan FKDM, TNI Polri pun juga akan dilibatkan untuk membantu pengamanan besok," katanya.

Secara teknis untuk mengantisipasi kerumunan di TPU jika terjadi lonjakan, petugas akan berjaga di area pintu masuk.

Bila ada kerumunan peziarah, petugas akan memberikan himbauan langsung untuk menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Tren di Korsel, Saham Jadi Hadiah Orang Berpacaran, di Indonesia: Bisakah THR untuk Beli Saham?

Tak hanya itu, Mila menyebut jika pihaknya juga menyiapkan cairan disinfektan yang nantinya akan digunakan untuk menyemprot peziarah yang tak patuh prokes, sehingga memecah terjadinya kerumunan.

"Paling tidak nanti pas masuk itu kami sampaikan kalo mereka tidak patuh secara terpaksa akan kita semprot disinfektan jika mereka tak patuh," ujarnya.

Mila menghimbau kepada para peziarah yang akan datang ke TPU untuk selalu menekankan protokol kesehatan secara ketat. Namun dirinya meminta warga untuk lebih baik melaksanakan doa di rumah untuk keluarga yang telah dulu meninggal dunia.

"Ini kan untuk kebaikan masyarakat sebagai langkah menekan penyebaran Covid-19. Untuk itu sama sama patuh terapkan 3M. Berdoa kan bisa dimana saja karena memang kondisinya saat ini pandemi," ucapnya. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved