Breaking News:

Lebaran 2021

Tips Aman Balik ke Tempat Rantau dengan Sepeda Motor

Tips Aman Balik ke Tempat Rantau dengan Sepeda Motor. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Usai berlebaran ke kampung halaman, sekarang saatnya kembali ke tanah rantau untuk bekerja.

Bagi Tribunners yang akan kembali ke tempat rantau dengan menggunakan sepeda motor, kami punya tips agar berkendara aman sampai ke tujuan.

Mekanik Senior Harapan Motor Depok Wawan Sutawijaya, mengatakan ada dua faktor yang perlu diperhatikan saat akan balik ke rantau.

"Yang pertama dari sisi rider dan yang kedua dari sisi kendaraan, dalam hal ini sepeda motor. Dari sisi rider tentu harus sehat secara fisik dan psikis karena perjalanan jauh menggunakan sepeda motor akan sangat menguras energi, baik dari sisi jarak dan kondisi lalu lintasnya," tutur Wawan saat dihubungi Tribunnews, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Presiden Jokowi Kutuk Israel, Minta Hentikan Serangan ke Palestina, Situasi Sudah Mencemaskan

Selanjutnya dari sisi sepeda motor yang persiapannya lebih mudah, mulai dari bisa dirasakan secara handling dan dilihat secara fisik untuk kondisi spare part-nya.

Lakukan pengecekan oli mesin, oli gardan jika menggunakan sepeda motor matic, kemudian cek rantai, cek rem depan dan belakang, serta lampu-lampu.

"Jika melakukan pengecekan di bengkel, mekanik umumnya akan merekomendasikan pergantian spare part jika kondisinya di bawah 40 persen, mengingat akan digunakan jarak jauh," terang Wawan.

Beralih ke handling motor, biasanya mekanik akan mengerjakan menurut keluhan konsumen, seperti apakah saat digunakan tidak stabil, suspensi kurang nyaman atau lainnya.

"Biasanya setelah selesai diservice dan dicoba oleh Service Advisor (SA), pemilik juga disarankan untuk mencobanya, jika ada kekurangan bisa langsung diperbaiki," jelasnya.(LITA FEBRIANI)

Baca juga: Warga Luar Jakarta Kecewa saat Tiba di Taman Impian Jaya Ancol untuk Mengisi Libur Lebaran

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved