Breaking News:

Berita Jakarta

Ratusan FKDM Jakarta Barat Dikerahkan Dampingi Gugus Tugas RT/RW Memantau Warga Balik Mudik

Irwandi juga akan mengerahkan 500 anggota Ranger_22 se-DKI Jakarta untuk mendampingi Gugus Tugas RT/RW bersama-sama dengan anggota FKDM

Istimewa
Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kota Jakarta Barat H. Iswadi, SE 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA--  Dalam rangka mendukung kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan guna mencegah lonjakan kasus covid-19 pasca liburan Idul Fitri 2021, Ketua FKDM Kota Jakarta Barat Iswadi akan mengerahkan anggotanya untuk mendampingi Gugus Tugas RT/RW dalam mendata warga yang pulang mudik lebaran 2021.

Irwandi menjelaskan, mekanismenya adalah para anggota FKDM akan mengerahkan 464 anggota FKDM se-Jakarta Barat untuk mendampingi Gugus Tugas RT/RW dalam mendata dan mengecek warganya saat balik dari kampungnya

"Salah satunya dengan melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo gun. Apabila suhu tubuhnya di atas 37,3° Celcius maka akan dilakukan swab antigen oleh pihak Puskesmas," beber Iswadi di Jakarta, Minggu (16/5/2021)

Baca juga: Antisipasi Penumpukan Penumpang KRL, BPTJ Sediakan Angkutan Bus Alternatif

Baca juga: Takut Dipolisikan usai Tragedi Perusakan Pagar TPU Utan Kayu, Pelaku Minta Maaf

"Kami juga akan mengerahkan 500 anggota Ranger_22 se-DKI Jakarta untuk mendampingi Gugus Tugas RT/RW bersama-sama dengan anggota FKDM,"ungkap Iswadi yang juga Ketua Relawan Antar Generasi_22 (Ranger_22).

Untuk mencegah lonjakan kasus covid-19 pasca liburan Idul Fitri 2021, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, 14 Mei 2021 kemarin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan agar gugus tugas RT/RW turut membantu memantau warga yang pulang dari kampung halaman.

“Gugus Tugas RT/RW, dikoordinasikan dengan jajaran Camat, Lurah, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa akan bersama-sama melakukan pendataan atas warga yang masuk ke wilayah itu,” ucap Anies.

Baca juga: Sejumlah Pemudik Jalani Tes Swab Antigen Covid-19 di Pos Penyekatan Mudik Lebaran Tahun 2021

Baca juga: Warga Jakarta Timur Nekat Mudik Diimbau Tes Swab Antigen sebelum Kembali ke Rumah

Anies menerangkan ketua RT/RW bersama Gugus Tugas akan memonitoring dan memantau warga. Mereka harus memastikan warga dalam keadaan sehat ketika sampai di wilayah masing-masing. 

“Dan akan dilakukan rapid test antigen,” tambah Anies. 

Nantinya, ada aplikasi khusus untuk para Ketua RT/RW untuk melaporkan kondisi di wilayah masing-masing. Pelaporan dilakukan dua kali sehari

Polri minta warga lakukan anti gen

Halaman
12
Penulis:
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved