Breaking News:

Lebaran 2021

Ditjen Perhubungan Darat Siapkan Layanan Tes Antigen Gratis di Sejumlah Ruas Tol dan Rest Area

Ditjen Perhubungan Darat Siapkan Layanan Tes Antigen Gratis di Sejumlah Ruas Tol dan Rest Area. Simak selengkapnya dalam berita ini.

Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Penyekatan Mudik di Tol Sirkuit Sentul Bogor, 119 Kendaraan Terjaring, 25 Disuruh Putar Balik. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menyiapkan langkah antisipasi saat arus balik mudik lebaran 2021.

Diperkirakan hari ini, Minggu (16/5/2021) adalah puncak arus balik mudik terutama dari tujuan lintas Jawa. Pemudik yang kembali ke perantauan, khususnya Jabodetabek, diwajibkan melakukan tes rapid antigen untuk menekan risiko penyebaran virus corona.

Kemenhub menyediakan fasilitas tes antigen gratis dan menempatkan petugas di titik-titik penyekatan yang telah ditentukan. Persiapan ini dilakukan agar para pemudik yang pulang telah mengantongi surat bebas Covid-19 setelah dilakukan tes.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan telah disiapkan 21 titik yang menjadi lokasi random check tes antigen. Sebanyak 13 titik akan ditempatkan di rest area dan sisanya di gerbang tol utama.

Baca juga: Apple Siap Ramaikan Industri Game Console, Saingi Microsoft dan Sony

“Rencananya ada 21 titik. Sudah disiapkan semuanya untuk mengantisipasi kepadatan saat arus balik,” ujar Budi Setiyadi Sabtu (15/5/2021).

Pos pemeriksaan tes antigen di gerbang tol utama antara lain di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Kalikangkung, dan GT Warugunung. Tenda pengecekan tes rapid antigen akan disediakan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Sementara untuk di rest area, 8 titik di antaranya sudah siap dan lima lainnya masih perlu memperoleh konfirmasi dari Satgas Covid-19 daerah. Titik itu meliputi Rest Area KM 62B7 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Rest Area KM 42B. Lokasi tes disediakan oleh Jasa Marga dan petugas disiapkan oleh Satgas Covid-19 daerah.

Untuk di Kawasan Purbaleunyi, pemeriksaan tes antigen disiapkan di Rest Area 97B, 125B, dan 149B. Posko tes antigen tersebut merupakan sinergitas dari Satgas Covid-19 daerah, satpol PP, dan Polresta Bandung.

Sedangkan di Tol Jagorawi, pengecekan tes antigen akan dilakukan di Rest Area KM 38B.

Baca juga: Begini Paniknya Warga Tel Aviv Israel Saat Diserang Roket Hamas, Ledakan Terdengar Sangat Dekat

Ruas tol Jakarta-Tangerang juga melayani tes rapid antigen. Tes acak tersebut akan digelar di Rest Area KM 14B.

Kepastian titik pemeriksaan ini masih menunggu konfirmasi dari Satgas Covid-19 lantaran sebelumnya sudah ada pengecekan yang sama di ruas Tangerang-Merak.

Untuk di kawasan Jawa Tengah yaitu Semarang-Batang, lokasi tes antigen disiapkan di Rest Area KM 360B.

Pemeriksaan juga dilakukan di ruas tol Solo-Ngawi. Tes antigen dilakukan di Rest Area 519B.

Selain itu, pemeriksaan tes antigen juga dilakukan di ruas Jalan Tol Pandaan-Malang, pengecekan acak digelar di Rest Area KM 66B. (Fandi Permana) 
 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved