Larangan Mudik

Warga yang Pulang Mudik dan Pendatang di Depok pada 16-22 Mei 2021 Wajib Rapid Test Antigen

Wali Kota Depok meminta warga dan pendatang di Depok melakukan rapid test antigen pada periode 16-22 Mei 2021.

Twitter@BNPB_Indonesia
Kasus Covid-19 di Indonesia per 15 Mei 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Meski ada larangan mudik dari Pemerintah Pusat yang kemudian turun ke Pemerintah Daerah, nyatanya tak membuat hasrat masyarakat untuk mudik padam.

Masih ada saja mereka yang nekat mudik lantaran rindu dan ingin menghabiskan momen Hari Raya bersama keluarga tercinta.

Larangan mudik 2021 ini diterbitkan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, di mana pada saat ini jumlah tersebut sudah mengalami penurunan dibanding pada awal tahun lalu.

Baca juga: Penyekatan Mudik di Cileungsi, Polres Bogor Sediakan Rapid Test Antigen di Pospam Cileungsi

Untuk mencegah terjadinya kenaikan kasua penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Depok mengeluarkan surat perintah kepada dinas terkait.

Surat tertanggal 14 Mei 2021 itu memerintahkan kepada delapan organisasi perangkat daerah (OPD) diantaranya Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Keuangan Daerah (BKD), Satpol PP, Tim Pengawas Kecamatan dan Kelurahan, Para Camat dan Lurah, serta Puskesmas.

"Menindak lanjuti arahan Gubernur Jawa Barat dalam mengantisipasi arus mudik dan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Dengan ini diinstruksikan kepada tersebut di atas untuk melaksanakan langkah-langkah taktis dan terkoordinasi sesuai sesuai tugas dan fungsinya," bunyi surat tersebut yang ditandatangi Wali Kota Depok Mohammad Idris , Sabtu (15/5/2021).

Dalam instruksinya, terdapat lima poin yang harus dijalankan oleh masing-masing OPD yang di tuju, yakni:

1. Disdukcapil untuk melakukan pendataan penduduk pada arus balik mudik,

2. Disdukcapil dan Satpol PP untuk melakukan pendataan dan operasi yustisi terhadap penduduk pendatang yang biasanya masuk Kota Depok setelah liburan Idul Fitri,

3. Dinkes dan Puskesmas merencanakan dan melaksanakan Rapid Test Antigen mulai tanggal 16 - 22 Mei 2021, bagi warga yang melaksanakan mudik sesuai data pada poin 1 dan bagi warga pendatang sesuai data pada poin 2, dibantu oleh DPKP dan BKD,

4. Tim pengawas kecamatan dan kelurahan, camat dan lurah untuk mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan di atas di wilayah kerjanya,

5. Melaporkan pelaksanaan kegiatan kepada Wali Kota Depok secara periodik.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved