Breaking News:

Timnas Senior

Shin Tae-yong Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia Ungkap Dua Hal Kekurangan dari Pemain Timnas

Sebelum berangkat ke Dubai, para pemain Timnas menjalani acara pelepasan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Jumat (14/5/2021)

pssi.org
Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong mengungkapkan dua kekurangan dari pemain timnas yang akan berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G Zona Asia di Dubai, UEA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia Senin (17/5/2021) dini hari dijadwalkan bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab guna melakoni tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.

Sebelum berangkat ke Dubai, para pemain Timnas menjalani acara pelepasan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Jumat (14/5/2021),

Dalam acara tersebut, manajer pelatih Shin Tae-yong sempat membeberkan kekurangan para pemain Timnas Indonesia. Salah satunya mengenai mental dan fisik.

Bahkan ia mencontohkan bagaimana masyarakat Korea yang terus berusaha menjadi lebih baik, hingga daya juang itu tertanam dalam pesepakbola Korea.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan didampingi anggota Komite Eksekutif (Exco) Endri Erawan, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Deputi Sekjen Bidang Bisnis Rudy Kangdra, Direktur Teknik Indra Sjafri, Manajer timnas Indonesia SEA Games 2021 Uden Kusuma, Ketua Komite Etik Bambang Usadi, dan Staf Khusus Arief Wicaksono melepas timnas ke Dubai
Ketum PSSI Mochamad Iriawan didampingi anggota Komite Eksekutif (Exco) Endri Erawan, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Deputi Sekjen Bidang Bisnis Rudy Kangdra, Direktur Teknik Indra Sjafri, Manajer timnas Indonesia SEA Games 2021 Uden Kusuma, Ketua Komite Etik Bambang Usadi, dan Staf Khusus Arief Wicaksono melepas timnas ke Dubai (pssi.org)

“Dulunya Korea sangat susah ekonominya, banyak yang miskin juga tapi mereka punya mental yang ingin dapat lebih lagi. Ibaratnya kalau kita punya mental kita kalah tidak bisa balik ke Indonesia lagi, mental seperti itu pastinya akan membuat kita tak mau kalah,” kata Shin Tae-yong.

“Jadi mental akan lebih kuat kalau kita merasa capek tapi kita lawan terus, perjuangkan terus dan itu yang akan buat mental kita bagus,” jelasnya.

Shin Tae-yong juga berharap para pemainnya bisa benar-benar tampil maksimal dan bekerja keras baik ketika latihan maupun pertandingan.

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Tinjau Langsung TC Timnas Senior dan Berbincang Dengan Shin Tae-yong

Baca juga: Marc Klok Pemain Terbaik Piala Menpora Tidak Masuk Dalam Daftar 28 Pemain Pilihan Shin Tae-yong

Baca juga: Shin Tae-yong Pastikan 5 Pemain Indonesia yang Berlaga di Klub Luar Negeri Langsung Ikut Ke Dubai

Menurutnya, fisik dan mental merupakan dua faktor penting bagi seorang pesepakbola. Setelah itu didapatkan hal lainnya seperti skill akan lebih mudah dipelajari.

“Kalau diberi materi latihan intensitas tinggi atau buat kalian capek, latihannya yang menggunakan energi atau stamina banyak kalian harus keluarkan semua. Sepakbola hanya 90 menit, maksimal 120 menit,” kata Shin Tae-yong.

“Kalau fisik menurut otomatis mental menurun, mental turun otomatis konsentrasi turun juga kemudian dia akan melakukan kesalahan dengan tidak sadar,”

“Punya mental bagus saja kita tidak bisa dapat prestasi bagus. Jadi harus punya mental dan fisik dua itu yang harus dipunyai, baru skill itu akan ikut meningkat,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Umar Widodo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved