Breaking News:

Konflik Israel Palestina

Presiden AS Condong Dukung Israel, Politikus Demokrat Sindir Biden Tak Peduli Korban Palestina

Joe Biden cenderung mengabaikan tekanan dari sejumlah politikus partainya sendiri, Demokrat, untuk mengecam tindakan Israel di Palestina

AP/tribunnews.com
Presiden AS Joe Biden mengatakan tidak merasa tindakan Israel berlebihan dalam membalas serangan roket dari Hama 

Wartakotalive.com - Presiden AS, Joe Biden, cenderung mengabaikan tekanan dari sejumlah politikus partainya sendiri, Demokrat, untuk mengecam tindakan Israel di Palestina.

Biden mengatakan tidak merasa tindakan Israel berlebihan dalam membalas serangan roket dari Hamas.

Mengutip CNN pada Jumat (14/5/2021), Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan serangan udara Israel menewaskan 87 orang, termasuk 18 anak-anak.

Namun, perkembangan terakhir menurut Al Jazeera pada Sabtu (15/5/2021) hari ini, korban jiwa meningkat menjadi 137 termasuk 36 anak-anak dan 920 lainnya mengalami cedera.

Sekretaris Pers, Jen Psaki, menolak menjawab pertanyaan apakah Biden menekan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, atas peningkatan korban jiwa di Palestina, saat melakukan telepon pada Rabu.

"Dalam pandangan kami, serangan dari Hamas ke lingkungan sipil bukanlah pembelaan diri, jadi dia pasti mengulangi hal itu, tetapi juga menegaskan kembali perlunya bergerak untuk meredakan situasi di lapangan," kata Psaki.

Menurut sumber orang dalam, sejumlah pejabat menekan Israel termasuk mendesak agar tidak menggusur warga Palestina di Yerusalem Timur.

Biden enggan mengritik Israel, namun dalam panggilannya kepada Netanyahu dia mengatakan, "Yerusalem, kota yang sangat penting bagi orang-orang beriman dari seluruh dunia, harus menjadi tempat yang damai."

Biden lebih condong mendukung tindakan Israel dalam pernyataan publiknya, dikutip dari CNN.

Padahal sejumlah politikus progresif Partai Demokrat menyerukan agar Presiden bersikap tegas pada Israel.

Halaman
12
Editor: Bambang Putranto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved