Libur Lebaran

Polres Tangsel Siagakan Personel di Pusat Perbelanjaan untuk Mencegah Kerumunan saat Libur Lebaran

Polres Tangsel AKBP Iman Imanuddin meminta personelnya untuk mewaspadai jumlah pengunjung pusat perbelanjaan saat libur Lebaran ini.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Valentino Verry
Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Ilustrasi suasana pusat perbelanjaan saat libur Lebaran. Polres Tangsel menempatkan pasukan untuk menjaga agar tak terjadi kerumunan. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) mengizinkan sejumlah pusat perbelanjaan beroperasional selama musim libur Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah. 

Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanuddin mengatakan pihaknya telah menempatkan personel kepolisian di sejumlah pusat perbelanjaan yang beroperasi. 

"Kami juga akan menempatkan anggota di sana bekerja sama dengan petugas keamanan mall supaya mereka mengingatkan penunjung tentang pendisiplinan protokol kesehatan," kata Iman, Sabtu (15/5/2021).

Iman menuturkan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi ke sejumlah pusat perbelanjaan yang telah beroperasi terkait prosedur penerapan protokol kesehatan (prokes) covid-19. 

Baca juga: Tak Bisa Mudik, Inilah yang Dilakukan Warga Kabupaten Bogor di Pusat Perbelanjaan di Sentul City

Baca juga: Pusat Perbelanjaan dan Lokasi Wisata di Tangsel Diperbolehkan Beroperasi Pada Musim Libur Lebaran

Menurutnya, koordinasi tersebut berkaitan dengan penerapan prokes covid-19 yang membatasi jumlah pengunjung dengan masimal 50 persen dari kapasitas yang tersedia. 

Serta pengadaan fasilitas prokes covid-19 oleh pusat perbelanjaan yang beroperasi saat musim libur Lebaran tahun ini. 

Hal tersebut dilakukan dalam upaya memutus penyebaran dan penularan infeksi covid-19 di tengah musim libur Lebaran tahun ini

"Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola pusat perbelanjaan untuk mematuhi aturan yang sudah ditetapkan pemerintah," kata Iman. 

"Terus bagaimana mengatur yang di dalam pengunjung yang sudah selesai kepentingannya bergantian dengan yang akan masuk," pungkasnya.

Sementara itu, arus lalu lintas di Jalan Ciledug Raya tepatnya di Halt Trans Jakarta Adam Malik, Pesanggrahan, Jakarta Selatan (Jaksel) terpantau padat saat libur Lebaran

Kepadatan terjadi oleh kendaraan yang datang dari arah Kota Tangerang menuju wilayah DKI Jakarta pada sore hari. 

Baca juga: Budi Karya Sumadi Kesal KCI tidak Terapkan Protokol Kesehatan untuk Penumpang KRL saat Libur Lebaran

Baca juga: Tolak Larangan Ziarah, Warga Jebol Pagar TPU Utan Kayu saat Libur Lebaran

"Hari kedua ini lumayan padat, untuk pagi masih lengang, tapi untuk sore ini lumayan padat. Kalau hari pertama Lebaran sepi. Kalau hari kedua ini padata dari Tangerang ke Jakarta," kata Anggota Satpol PP Kecamatan Pesanggrahan di Posko Check Point Budi Luhur, Puji Waluyo, Pesanggrahan, Jaksel.

Puji menuturkan, pada pagi hari pihaknya mendapati sejumlah pelanggar protokol kesehatan (prokes) covid-19 yang dilakukan oleh para pengendara. 

Menurutnya, pelanggaran prokes covid-19 yang didapati pihaknya oleh para pengendara berupa tak mengenakan masker daat beraktifitas di luar rumah. 

Ia mengaku pihaknya pun memberikan sanksi sosial berupa menyapu jalan bagi pengendara yang didapati melanggar prokes covid-19.

"Hari kedua Lebaran ini untuk kendaraan belum ada yang diputar balik. Sementara untuk tadi pagi kita cek maskernya ada sekitar 10 pelanggar kita sanksi sosial yaitu menyapu. Pelanggaran enggak pakai masker saat beraktifitas," jelasnya. 

Sementara itu, pihaknya mengaku belum didapati kendaraan yang terindikasi bakal melakoni perjalanan mudik. 

Baca juga: Tak Mudik Lebaran, Warga Bekasi Hibur Anak dan Istri ke Museum Gedung Juang Tambun

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu Pantau Penerapan Protokol Kesehatan Wisatawan pada Libur Lebaran

Ia pun mengimbau agar masyarakat dapat memaklumi kondisi pandemi covid-19 yang masoh melanda hingga tak melakoni perjalanan mudik Lebaran dan mematuhi penerapan prokes covid-19.

"Ya kita selama ini belum ada terindikasi plat dari luar daerah yang lewat sini. Jadi nihil yang di putar balik belom ada. Diharapkan unutk saat ini masyaralat sabar untuk di rumah saja. Kedua kalau berpergian atau kerja ke luar rumah ikuti saja protokol kesehatan begitu," pungkasnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved