Breaking News:

Larangan Mudik

Antisipasi Covid-19 Klaster Keluarga, Warga Depok yang ke Luar Kota Setelah Lebaran Diminta Lapor RT

Untuk mengantisipasi sebaran Covid-19 klaster keluarga, warga Depok yang ke luar kota setelah Idul Fitri 2021 diminta lapor ke RT/RW.

Warta Kota/Vini Rizki
Wali Kota Depok Mohammad Idris (tengah masker putih) bersama Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (rompi) dan Ketua DPRD Kota Depok Teuku Muhammad Yusufsyah Putra (kanan) memberikan keterangan sebelum melakukan pengecekan pelaksanaan Idul Fitri di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Kabid PB DPKP) Kota Depok Denny Romulo meminta kesadaran masyarakat yang melakukan mudik dan kembali ke Kota Depok untuk melaporkan diri ke pengurus RT/RW.

Tujuannya, kata Denny, untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 yang terjafi pada saat perjalanan dari Depok ke kampung halaman dan kembali lagi ke Depok.

"Ya kita mohon untuk segera melaporkan diri jika memang pada lebaran ini melakukan mudik dan balik ke Depok lagi," papar Denny saat dihubungi Warta Kota, Sabtu (15/5/2021).

Baca juga: Pemudik di Pelabuhan Bakauheni yang Positif Covid-19 Bakal Langsung Disolasi, Lampung Siapkan Tempat

Laporan ini dikatakan Denny sebagai langkah antisipasi dan memercepat proses penanganan jika memang ditemukan hasil positif dari mereka yang melakukan perjalanan mudik dan arus balik mudik.

Sehingga bila nantinya ditemukan adanya warga yang positif karena melakukan perjalanan tersebut, maka bisa dilakukan pencegahan agar penularan tak meluas.

"Yang dikhawatirkan sebenarnya itu adanya klaster keluarga. Karena memang klaster keluarga ini penyebarannya sangat cepat. Untuk itu, kita mohon segera melapor dan akan kita lakukan rapid tes antigen sesuai arahan Pak Wali Kota," paparnya.

Baca juga: Airlangga Hartarto Terapkan PPKM Mikro untuk Mengantisipasi Pemudik Terinfeksi Covid-19

Denny mengatakan, Wali Kota Depok Mohammad Idris telah menginstruksikan kepada dinas terkait agar segera melakukan langkah taktis guna memutus penyebaran Covid-19 yang kemungkinan terjadi pada arus balik mudik Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dikatakan Denny, seluruh OPD dan juga Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Depok terus melakukan koordinasi sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Nantinya para pengurus RT/RW memberikan laporan terkait warganya yang melakukan perjalanan mudik dan kembali lagi ke kota berjuluk Sejuta Maulid Nabi itu.

Baca juga: Warga yang Pulang Mudik dan Pendatang di Depok pada 16-22 Mei 2021 Wajib Rapid Test Antigen

"Nantinya RT/RW melapor ke Lurah lalu Camat dan nanti akan dikoordinasikan lagi lebih lanjut untuk segera dilaksanakan rapid tes antigen," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved