Remisi Idulfitri

Rutan Kelas 1 Depok Berikan Remisi Idulfitri pada 555 Narapidana, 12 Orang Langsung Bebas

Perayaan Idulfitri menjadi momen istimewa bagi sejumlah narapidana di Rutan Kelas 1 Depok, Cilodong, Jawa Barat. Mereka mendapat remisi.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Valentino Verry
Istimewa
Ilustrasi narapidana di Rutan Kelas 1 Depok mendapatkan remisi Idulfitri. Sebanyak 555 orang mendapatkan hak istimewa tersebut, 12 diantaranya langsung bebas. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Perayaan Idulfitri 1442 Hijriah menjadi momen membahagiaan bagi sejumlah narapidana di Rutan Kelas 1 Depok, Cilodong, Jawa Barat.

Pasalnya, terdapat 555 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang mendapatkan remisi atau pengurangan masa penahanan saat hari besar keagamaan.

"Totalnya ada 555 WBP yang mendapatkan remisi khusus hari raya idul fitri tahun ini," ujar Kepala Rutan Kelas 1 Depok, Anton, Jumat (14/5/2021). 

Jumlah pemotongan masa tahanan ratusan WBP itu pun dikatakan Anton bervariasi.

Baca juga: Dapat Remisi Bebas di saat Idulfitri, Ardiansyah Rindu Peluk Anak dan Janji Hijrah

Baca juga: 4 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Bekasi Bebas Usai Dapat Remisi Lebaran 2021

Di mana WBP yang telah menjalani masa tahanan enam bulan sejak dilakukannya penahanan akan mendapatkan remisi sebanyak 15 hari.

Sedangkan WBP yang telah satu tahun menjalani masa penahanan, mendapatkan satu bulan remisi, dan tahun berikutnya besarannya berbeda setiap tahunnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

"Jadi nggak sama jumlah remisinya untuk setiap narapidana," ujarnya. 

Dari ratusan WBP tersebut, ada 12 orang yang mendapatkan remisi khusus II yakni dinyatakan bebas pada saat menerima remisi di Idulfitri tahun ini.

Namun demikian, mereka tak bisa langsung bebas lantaran ada subsider pengganti denda yang harus dijalani serta telah mendapatkan program asimilasi di rumah. 

"Ada dua narapidana yang medapat remisi bebas tapi belum bisa langsung keluar karena masih menjalani masa hukuman subsider," ujarnya.

Akan tetapi, Anton mengatakan mereka yang belum bisa mendapatkan remisi adalah para narapidana yang status kasusnya belum berkekuatan hukum tetap atau incraht alias masih adanya proses banding dalam kasus yang dialaminya itu.

Baca juga: Kemenkumham DKI Berikan Remisi pada 4.847 Warga Binaan Lapas dan Rutan saat Hari Raya Idulfitri

Baca juga: Lapas Salemba Memberikan Remisi Bebas kepada 20 Warga Binaan Pemasyarakatan

"Yang boleh dapat remisi adalah mereka yang berstatus narapidana atau yang sudah incraht dan sudah dilaksanakan eksekusi oleh jaksa," jelasnya. 

Sebagai informasi, ada sebanyak 1.531 WBP yang mondok di Rutan Kelas 1 Cilodong, Kota Depok. 

Jumlah WBP beragama Islam ada sebanyak 1449 orang, dengan status tahanan 199 orang dan narapidana 1.250 orang.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved