Breaking News:

Larangan Mudik

Polres Tangsel akan Tes Swab Antigen Pemudik yang Kembali ke Rumah Setelah Melanggar Larangan Mudik

Polres Tangsel akan melakukan swab antigen kepada warga yang mudik dan kembali ke rumahnya melanggar larangan mudik.

Warta Kota/Rizki Amana
Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanuddin menegaskan akan melakukan tes swab antigen kepada warga yang mudik dan kembali ke rumahnya dengan melanggar larangan mudik. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG SELATAN - Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan larangan mudik Lebaran pada tahun ini yang dimulai sejak tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

Dalam merealisasikannya, Polres Tangerang Selatan (Tangsel) mendirikan Posko Penyekatan Mudik Lebaran di kawasan Tol Bitung, Curug, Kabupaten Tangerang. 

Kendati demikian, tak menutup kemungkinan sejumlah pemudik yang melakoni perjalanan mudik lolos dari posko penyekatan tersebut. 

Baca juga: Kapolda Metro Jaya: Larangan Mudik Berhasil Kurangi 50 Persen Warga Keluar dari Jakarta

Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanuddin mengatakan pihaknya bakal memberlakukan swab test antigen Covid-19 bagi pemudik yang bakal balik ke kawasan Kota Tangsel. 

"Rencana mulai besok atau lusa akan dilaksanakan swab antigen bagi pengendara atau pemudik yang kembali dari kampung halaman. Pelaksanaan di Pospam Bitung," kata Iman saat dikonfirmasi, Kota Tangsel, Jumat (14/5/2021).

Iman menjelaskan dalam kegiatan test infeksi covid-19 itu pihkany bakal menggandeng sejumlah pihak terkait. 

Baca juga: Selama 8 Hari Larangan Mudik, 64.612 Kendaraan Diputar Balik ke Jakarta

Menurutnya langkah tersebut dilakukan untuk mencegah penularan dan penyebaran infeksi covid-19 di wilayah hukumnya dari para pemudik yang nekat pulang ke kampung halamanya di tengah upaya seksama memutus mata rantai infeksi virus corona. 

"Nakes (Tenaga Kesehatan) yang disiapkan 5 orang dari Dinkes Kabupatem Tangerang, dan Dokkes (Doktor Kesehatan) Polres Tangsel. Untuk personel yang diturunkan pemeriksaan di Bitung sebanyak 45 orang dari Polri, TNI, Dishub, Pol PP, Dinkes," katanya. 

Adapun bila didapati pemudik yang dinyatakan positif infeksi covid-19 bakal dilakukan isolasi dan perawatan medis di sejumlah lokasi fasilitas pelayanan kesehatan. 

Baca juga: Pengetatan Usai Larangan Mudik pada 18-27 Mei 2021, Hasil Tes Negatif Covid-19 Cuma Berlaku Sehari

"Harapannya orang yang sudah lolos mudik harus tidak terinfeksi covid-19 hingga menjadi carrier. Dan rencananya akan dilakukan isolasi mandiri bagi orang yang positif dan itu teknisnya nanti dilakukan pemerintah," tuturnya.

Penulis: Rizki Amana
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved