Libur Lebaran

Pemkab Kepulauan Seribu Pantau Penerapan Protokol Kesehatan Wisatawan pada Libur Lebaran

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu memantau penerapan protokol kesehatan para wisatawan yang datang berkunjung saat libur Lebaran.

Pemkab Kepulauan Seribu Pantau Penerapan Protokol Kesehatan Wisatawan pada Libur Lebaran
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pengawasan protokol kesehatan kepada para wisatawan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, untuk menekan penyebaran virus corona. Pemkab Kepulauan Seribu ingin menjamin agar objek wisata dan wisatawan aman dari virus berbahaya tersebut.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu memantau penerapan protokol kesehatan para wisatawan yang datang berkunjung saat libur Lebaran

Asisten Pemerintahan Kepulauan Seribu, Sujanto Budiroso mengatakan pengawasan dilakukan untuk memastikan wisata berjalan tertib dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kita fokus di pengawasan tertib prokes dan pencegahan kerumunan, sehingga antisipasi penyebaran Covid-19 dapat dilakukan secara maksimal," ujarnya, Jumat (14/5/2021).

Baca juga: Kembangkan Pulau Seribu Menjadi Kawasan Starategis Pariwisata Nasional, Pemkab Gandeng Pihak Swasta

Baca juga: Moeldoko Disebut Kembali Bohong, DPC Demokrat Pulau Seribu Kian Solid Dukung Kepemimpinan AHY

Pasalnya, libur Lebaran biasanya dimanfaatkan sebagian besar warga Jakarta dan sekitarnya untuk menikmati wisata di Kepulauan Seribu

Sementara masih adanya pandemi Covid-19 tentu harus diikuti penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus penyebaran virus corona.

Sujanto yang melakukan pengawasan di beberapa lokasi wisata, homestay dan permukiman warga di pulau permukiman di Kepulauan Seribu Selatan mengatakan tidak adanya pelanggaran. 

Berdasarkan hasil monitoring dan laporan Satgas Covid-19 Kelurahan Pulau Tidung menunjukkan bahwa wisatawan Kepulauan Seribu sudah tertib menggunakan masker dan mematuhi aturan.

"Wisatawan yang berkunjung tertib masker dan membawa bukti surat keterangan negatif Covid-19," sambungnya.

Seorang wisatawan, Adi Pramono (30), mengaku lebih nyaman dan tidak terganggu dengan aturan penerapan protokol kesehatan dari Pemprov DKI Jakarta. 

"Selama kita mengikuti aturan dan tertib protokol kesehatan, mudah-mudahan kita bisa berwisata dengan aman dan nyaman," ungkap warga Pademangan, Jakarta Utara itu.

Sementara itu, belasan ribu orang tercatat mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada libur kedua Hari Raya Idulfitri. 

Kepala Humas TMII, Adi Widodo mengatakan masyarakat yang datang mengunjungi TMII sudah mencapai 11.591 orang hingga jelang sore hari.

"Dari penjualan tiket online 11.591, pengunjung yang masuk menggunakan bus ada 1 unit, mobil 1.359 unit, motor 1.502 unit," kata Adi, Jumat (14/5/2021).

Adi menambahkan antusias masyarakat berlibur di kawasan TMII cukup tinggi.

Baca juga: Pengunjung TMII Manfaatkan Jasa Rental Sepeda untuk Berolahraga sekaligus Berwisata di Libur Lebaran

Baca juga: Libur Lebaran, TMII Terus Dipadati Pengunjung, Berikut Harga Tiket Masuk 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved