Breaking News:

Hari Raya Idul Fitri

Pantas Saja Meledak, Korban Petasan Kebumen Meracik Petasan 3 Kilogram Sambil Merokok

Ledakan petasan di Kebumen yang menewaskan empat pemuda rupanya terjadi ketika para korban merakit petasan itu sambil merokok.

Editor: Max Agung Pribadi
istimewa
Polisi memeriksa lokasi kejadian petasan meledak dan menewaskan empat orang yang meraciknya di Desa Ngabean, Kecamatan Mirit, Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (12/5/2021) sore. Beberapa orang yang merakit petasan itu sambil merokok diduga memicu ledakan dahsyat yang juga menghancurkan rumah korban. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ledakan petasan di Kebumen yang menewaskan empat pemuda rupanya terjadi ketika para korban merakit petasan itu sambil merokok.

Dari olah tempat kejadian perkara, polisi menemukan sejumlah korban merokok saat memasukkan mesiu ke dalam selongsong petasan.

"Hasil pemeriksaan saksi, dari tujuh orang yang meracik petasan itu, waktu memasukkan bubuk petasan ke selongsong, separuhnya sambil merokok," ujar Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama.

Baca juga: KISAH Wali Kota Bekasi Jalani Puasa di Waktu Kecil, Main di Sawah dan Bakar Petasan

Banyaknya bubuk mesiu yang dimasukkan ke dalam selongsong dan percikan api dari rokok diduga memucu ledakan dahsyat. 

Korban jatuh bergelimpangan dan tewas seketika di lokasi.

Dahsyatnya ledakan juga tergambar dari hancurnya bagian depan rumah tempat tinggal korban. Seluruh atap teras jebol, genteng berserakan, dan kaca jendela pecah.

Kepolisian Resor Kebumen masih terus mendalami kasus ledakan petasan yang menewaskan empat orang pemuda di Desa Ngabean, Kecamatan Mirit, Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (12/5/2021) sore.

Baca juga: PERHATIAN! MUI DKI Jakarta Haramkan Main Petasan dan Kembang Api, Ini Alasannya

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengatakan, tim dari Laboratorium Forensik Polda Jateng telah diturunkan untuk membantu penyelidikan.

Dari tempat kejadian perkara, diketahui bahwa dahsyatnya ledakan membuat proyektil petasan terlontar hingga radius 12 meter.

"Bubuk petasan yang meledak diperkirakan sekitar 2-3 kilogram, tapi untuk jumlah pastinya masih kami dalami. Cuma kami menemukan selongsong petasan yang belum terisi saja sekitar 400 buah di dalam karung, ukurannya juga agak besar," kata Piter saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (13/5/2021).

Baca juga: Operasi Cipta Kondisi di Kota Bekasi, Polisi Amankan Petasan dan Kembang Api untuk Malam Tahun Baru

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved