Breaking News:

Dana Lebaran

Bank Syariah Indonesia Siapkan Dana Sebesar Rp 6,37 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyiapkan dana Rp 6,37 Triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal nasabah pada pekan libur Lebaran.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Valentino Verry
Warta Kota
Ilustrasi uang. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyiapkan dana Rp 6,37 Triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal nasabah pada libur Lebaran ini. Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyiapkan dana Rp 6,37 Triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal nasabah pada pekan libur Idulfitri 1442 H.

Angka ini naik signifikan sebesar 30 persen secara tahunan atau year on year (yoy) dibandingkan kebutuhan dana kas lebaran tahun sebelumnya yaitu Rp 4,9 triliun.

Persediaan uang kartal sebesar Rp 6,37 triliun ini, Rp 2,6 triliun digunakan untuk kebutuhan penukaran nasabah, dan Rp 3,7 triliun digunakan untuk kebutuhan kas ATM. 

Direktur Information Technology Bank Syariah Indonesia, Achmad Syafii mengatakan BSI siap memenuhi kebutuhan uang tunai/kartal untuk pengisian ATM dan cabang.

Baca juga: Irjen Fadil Imran Antisipasi Kerumunan di Mal dan Tempat Wisata pada Libur Lebaran

Baca juga: Yang Masih Belum Paham kenapa Mudik Lebaran Dilarang di Masa Pandemi Covid-19, Ini Penjelasannya

“Penyediaan uang kartal Bank Syariah Indonesia berkoordinasi dengan Bank Indonesia di masing-masing wilayah dalam memenuhi kebutuhan ketersediaan dan peredaran uang kartal di seluruh cabang,” kata Achmad Syafi, Jumat (14/5/2021).

Layanan penukaran kepada masyarakat katanya dapat dilakukan di seluruh 1.563 cabang BSI.

Selain itu BSI juga bekerja sama dengan Bank Indonesia setempat untuk melayani penukaran uang  di 35 titik.

Penukaran uang di 35 titik mengikuti ketentuan BI untuk non nasabah BSI yaitu layanan penukaran dari tanggal 14 April s.d 11 Mei 2021 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan membatasi jumlah penukar dalam ruangan.

"Setiap penukar dapat menukarkan uang maksimal Rp 3,7 juta per KTP atau per pack atau 100 lembar, atau disesuaikan dengan stok uang yang ada untuk masing-masing pecahan, yang terdiri dari pecahan Rp 20.000 sampai pecahan Rp 2.000," katanya.

Selama libur Idul Fitri 1442 H, menurut Syafii jadwal penutupan operasional cabang adalah pada 12 sampai 14 Mei 2021. Mulai 17 Mei 2021, BSI kembali beroperasi normal. 

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved