Breaking News:

Peziarah Tanggapi Peniadaan Ziarah Makam: Saya Kangen Sama Ibu, Mau Minta Maaf Meski Sudah Nggak Ada

Tempat Pemakaman Umum Jati Nusa Indah, Jatimulya, Tambun Selatan, Bekasi, ramai dikunjungi masyarakat dan mengakibatkan kemacetan lalu lintas.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Rangga Baskoro
Dari tahun ke tahun Jalan Jatimulya Bekasi dilanda kemacetan parah jika ada momen hari libur seperti Hari Raya Idul Fitri yang jatuh hari Kamis 913/5/2021) ini. Hal ini terjadi antara lain karena banyaknya kendaraan peziarah di TPU yang parkir di pinggir jalan. 

WARTAKOTALIVE.COM, TAMBUN SELATAN - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jati Nusa Indah, Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, ramai dikunjungi masyarakat yang hendak melakukan ziarah makam di momen Lebaran 2021.

Meski pemerintah mengimbau agar masyarakat tak melakukan ziarah makam, banyak masyarakat yang tetap melakukan tradisi tersebut di lebaran tahun ini, seperti Bandi warga Pengasinan yang mengunjungi makam ibunya.

"Iya sebenarnya saya tahu ada larangan, tapi kan selama kita taat prokes, pakai masker, saya rasa Insya Allah aman," ujar Bandi di lokasi, Kamis (13/5/2021).

Baca juga: Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Pemkot Tangsel Izinkan Ziarah Makam dengan Protokol Kesehatan

Bandi yang tak sepakat atas kebijakan pemerintah tersebut menyatakan bahwa tradisi tersebut telah dilakukannya secara turun temurun sehingga sulit baginya apabila tak dilakukan di momen Lebaran kali ini.

"Kalau mudik mungkin enggak apa-apa dilarang. Tapi kalau ziarah ini kan tradisi ya. Setelah ini saya sama keluarga pulang," katanya.

Terlebih lagi, Ia mengaku sangat jarang mengunjungi makam orang tuanya. Oleh sebab itu, momen Lebaran kali ini ingin dimanfaatkannya untuk melakukan ziarah makam.

Baca juga: Sepakat, Kepala Daerah Jabodetabekjur Meniadakan Acara Halal Bihalal dan Ziarah Makam

"Ibaratnya saya kunjungin makam cuma setahun sekali. Saya kan juga kangen sama ibu saya, mau minta maaf meski sudah enggak ada. Tujuannya Lebaran kan minta maap ke orang tua," ucap Bandi.

TPU Nusa Indah dikunjungi banyak masyarakat yang hendak melakukan kegiatan ziarah makam. Banyaknya warga yang memarkirkan kendaraan menyebabkan lalu lintas mengalami kemacetan. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved