Breaking News:

Salat Idul Fitri

Masjid Agung Balai Kota Depok Batal Gelar Salat Idul Fitri,Terbentur Aturan Pemerintah Pusat

Masjid Agung Balai Kota Depok batal Gelar Salat Idul Fitri, terbentur aturan Pemerintah Pusat. Padahal tenda untuk salat Idul Fitri telah didirikan.

Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia
Masjid Agung Balai Kota Depok Batal Gelar Salat Idul Fitri,Terbentur Aturan Pemerintah Pusat. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Masjid Agung Balai Kota Depok batal gelar salat Idul Fitri. Terbentur aturan Pemerintah Pusat.

Dewan Kemakmuran Masjid Balai Kota Depok memastikan tak menggelar Solat Ied pada Idul Fitri 1442 Hijriah yang jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Meski tenda telah berdiri dan bentangan spanduk sebagai informasi digelarnya solat Ied telah terbentang, namun hal itu akhirnya terpaksa dibatalkan.

Keputusan tersebut menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan juga surat edaran (SE) Menteri Agama Republik Indonesia.

"Iya, memang dibatalkan untuk solat Ied di Masjid Balai Kota," papar Wali Kota Depok Mohammad Idris kepada wartawan di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021).

Dari total 4.700 Rukun Tetangga (RT) yang ada di Kota Depok, 4.300 diantaranya, kata Idris, masuk dalam zona hijau.

Baca juga: Wali Kota Depok Larang Warganya Gelar Takbir Keliling Idul Fitri 1442 Hijriah

Namun demikian, Solat Ied di sejumlah wilayah di Kota Depok yang terbentur dengan aturan pemerintah pusat perihal penanganan Covid-19 terpaksa harus ditiadakan. 

Terutama di wilayah yang masih tinggi penyebaran Covid-19 nya.

"Sesuai arahan dari Kementerian Agama bahwa wilayah yang penyebarannya (Covid-19) tinggi atau zona merah dan zona oranye memang tidak diperkenankan (menggelar solat Ied)" tuturnya.

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengajak seluruh warganya untuk tidak melakukan takbir keliling di jalan seperti yang biasa dilakukan pada saat sebelum pandemi Covid-19 berlangsung.

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved