Breaking News:

VIDEO TPU Prumpung Tidak Ditutup Selama Larangan Ziarah, Jadi Akses Jalan Warga

TPU Prumpung, Jatinegara, Jakarta Timur tidak menutup akses jalan yang ada selama larangan ziarah selama 12-16 Mei 2021. 

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Suasana TPU Prumpung, Jatinegara, Jakarta Timur yang sepi seiring larangan ziarah selama 12-16 Mei 2021 oleh Pemprov DKI Jakarta.  

Laporan Wartawan Wartakotalive.comJunianto Hamonangan

WARTAKOTALIVE.COM, JATINEGARA -- TPU Prumpung, Jatinegara, Jakarta Timur tidak menutup akses jalan yang ada selama larangan ziarah selama 12-16 Mei 2021. 

Anggota Pamdal Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Yudo Sudibyo mengatakan tidak ditutupnya akses jalan karena selama ini jadi keluar masuk permukiman warga.

"Pintu gerbang tidak ditutup karena ini akses keluar masuk warga, dari permukiman ke jalan raya. Hanya untuk kegiatan ziarah ditiadakan," kata Yudo, Rabu (12/5/2021).

Menurut Yudo, ada sekitar 10 akses masuk ke TPU Prumpung yang biasa dimanfaatkan warga menuju wilayah RW 01, RW 02, RW 03, RW 04, dan RW 06 Cipinang Besar Utara, Jatinegara.

Baca juga: Larangan Ziarah Kubur Buat Jualan Pedagang Kembang Musiman di Jalan Raya Bogor, Cibinong Lesu

Baca juga: Larangan Ziarah Makam saat Lebaran Picu Pro Kontra bagi Peziarah TPU Jombang

"Untuk akses masuk mobil ke TPU Prumpung itu hanya bisa dari gerbang utama, yang dari arah Jalan DI Panjaitan. Sisanya akses masuk dari gang-gang permukiman warga," ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan pengurus RW setempat yang berada di sekitar TPU Prumpung untuk memastikan warga tidak terganggu. 

Baca juga: Tak Melarang Warga Ziarah Wakil Wali Kota Tangsel Hanya Minta Pengelola TPU Tetap Batasi Pengunjung

Baca juga: Pedagang Kembang Kecewa TPU Penggilingan Ditutup Sementara untuk Ziarah Makam

"Kita sudah koordinasi dengan pengurus masing-masing RW, termasuk dengan Bhabimkamtibmas dan Babinsa Kelurahan terkait pemberlakuan larangan ziarah ini," katanya.Hal itu sesuai Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang pengendalian aktivitas masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 pada masa libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kebijakan larangan ziarah dilakukan untuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 agar tidak melonjak drastis ketika momen libura Lebaran rampung. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved