Breaking News:

Hari Raya Idul Fitri

VIDEO Polda Metro Jaya Memberlakukan Crowd Free Night pada Pukul 22.00 WIB

Menurut pantauan Wartakotalive.com, petugas gabungan dari kepolisian, Kodam Jaya, Satpol PP, ambulan serta petugas terkait bersiaga di pusat kota

Wartakotalive.com/Henry Lopulalan
Petugas gabungan dari kepolisian, Kodam Jaya, Satpol PP, ambulan serta petugas terkait bersiaga di pusat kota Jakarta untuk menjaga keamanan dan kerumunan pada malam takbiran. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Suasana lalu lintas pada malam takbiran Idul Fitri 1442 H tampak ramai lancar di sekitar Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (12/5/2021) malam.

Menurut pantauan Wartakotalive.com, petugas gabungan dari kepolisian, Kodam Jaya, Satpol PP, ambulan serta petugas terkait bersiaga di pusat kota untuk menjaga keamanan dan kerumunan pada malam takbiran.

Baca juga: Wali Kota Depok Larang Warganya Gelar Takbir Keliling Idul Fitri 1442 Hijriah

Baca juga: VIDEO 1.300 Personil Gabungan Diterjunkan Halau Kerumunan di Jakarta Pusat Saat Malam Takbiran

Sementara itu Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo akan melakukan filterisasi kendaraan lewat 17 pos penyekatan untuk mengantisipasi warga menggelar takbiran keliling.

Selain itu, pihaknya akan menerapkan crowd free night di kawasan Thamrin dan Sudirman layaknya malam tahun baru 2020 lalu, terhitung pukul 22.00 WIB atau pukul 23.00 WIB.

"Polda Metro Jaya mengimbau dan melarang takbir keliling. Dan untuk mengawasi pelaksanaan imbaun tersebut kami telah menyiapkan titik filterisasi terutama di kawasan Sudirman-Thamrin dan Monas serta di lima wilayah DKI," kata Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran baru, Jakarta Selatan pada Selasa (11/5/2021).

Filterisasi kendaraan ini katanya dimulai sejak buka puasa. 

"Kalau dibutuhkan atau secara situasional, bisa saja kami juga menerapkan crowd free night, jika banyak kerumunan terjadi, seperti di malam tahun baru lalu. Crowd free night akan diterapkan pukul 22.00 atau pukul 23.00. Tapi penerapannya tergantuang situasi di lapangan," katanya.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menjelaskan Polda Metro Jaya menyiapkan sebanyak 17 pos checkpoint untuk mengantisipasi dan mencegah takbiran keliling yang biasa dilakukan warga di malam menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Pembuatan checkpoint sebagai tindak lanjut pelarangan pemerintah untuk pelaksanaan takbir keliling.

Baca juga: Berikan Pertolongan Pertama Kepada Masyarakat, PMI Kota Depok Disiagakan Selama Libur Lebaran

"Kita siapkan pengamanan yang dilakukan oleh kepolisian Polda Metro jaya. Di beberapa titik sudah kita akan siapkan checkpoint. Ada 17 checkpoint yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Senin (10/5/2021).

Yusri memperkirakan bahwa akan masih ada masyarakat yang melakukan takbiran kelilinh meski sudah dilakukan pelarangan. 

Halaman
1234
Penulis: Henry Lopulalan
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved