Breaking News:

Lebaran 2021

Tak Boleh Takbir Keliling, Wali Kota Sarankan Warga Jakarta Pusat Takbiran di Masjid

Tak Boleh Takbir Keliling, Wali Kota Sarankan Warga Jakarta Pusat Takbiran di Masjid. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

ISTIMEWA
Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Pusat memastikan kegiatan takbir keliling yang biasa dilakukan saat  malam takbiran dilarang dilakukan akibat masih dalam situasi pandemi Covid-19 

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma menyarankan kepada warga Jakarta khususnya warga Jakarta Pusat untuk melakukan takbiran menyambut hari raya idul fitri di masjid terdekat tempat tinggal.

"Jadi takbiran keliling itu tidak ada. Kalopun dilaksanakan di dalam masjid dengan protokol kesehatan," kata Dhany Sukma, Rabu (12/5/2021).

Jika takbiran dilakukan di Masjid, Dhany mengimbau agar warga tetap patuhi protokol kesehatan, selain itu kapasitas masjid juga harus 10 persen dari total kapasitas yang ada. Selain itu Masjid yang digunakan pun juga masih terdekat.

Baca juga: Hendra Hidayat Imbau Warga Jakarta Timur agar Salat Idulfitri di Rumah

"Kalo di dalam masjid juga harus sesuai dengan ketentuan 10 persen dari luasan masjid untuk digunakan takbir," ujarnya.

Sementara itu sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga menyampaikan agar masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling menyambut 1 Syawal 1442 Hijriah. Dirinya khawatir takbir keliling akan memicu kerumunan.

"Tidak perlu untuk melakukan takbir keliling karena berpotensi menimbulkan kerumunan, dan berpotensi untuk penyebaran COVID-19 makin terbuka," kata Yaqut usai sidang isbat dikutip melalui youtube Kemenag RI.

Atas hal itu, Yaqut mengimbau masyarakat takbiran di rumah atau masjid dan musala, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni 10 persen dari kapasitas masjid dan musala. (JOS).

Baca juga: Gading Festival Gelar Lebaran Festive Tawarkan Makanan dan Busana Lebaran

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved