Breaking News:

Larangan mudik

Seminggu Gelar Operasi Ketupat Lodaya 2021, Polres Bogor Putar Balik 5.000 Kendaraan Pemudik

Seminggu melakukan operasi penyekatan, Polres Bogor mengklaim berhasil memulangkangkan lebih dari 5.000 kendaraan pemudik.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Hironimus Rama
Di beberapa pos penyekatan Operasi Ketupat Lodaya 2021 yang digelar Polres Bogor seperti Parung, Cibinong dan Cileungsi, aktivitas warga terlihat normal. Bahkan arus lalu lintas cenderung terlihat sepi pada H-1 Lebaran, Rabu (12/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Setelah kurang lebih satu minggu melakukan operasi penyekatan di 8 titik perbatasan Kabupaten Bogor, Polres Bogor mengklaim berhasil memulangkangkan lebih dari 5.000 kendaraan pemudik.

"Kita sudah berhasil putarbalikkan 5.000-an kendaraan dari 10.700 yang diperiksa," kata Kapolres Bogor AKBP Harun, Rabu (12/5/2021).

Menurut dia, kendaraan yang ditindak pada hari pertama operasi (6/5/2021) cukup tinggi, lalu terus menurun pada hari kedua dan selanjutnya.

Baca juga: Selain Pandemi Kebijakan Larangan Mudik di Kota Tangerang Pengaruhi Perolehan Zakat Turun 50 Persen

"Kita melakukan pemeriksaan melalui identifikasi plat nomor. Selain itu, kendaraan pemudik juga ketahuan dari banyaknya barang bawaan," ujar Harun.

Selain kendaraan prubadi, rata-rata warga yang mudik menggunakan travel gelap. Hingga saat ini ada lebih dari 10 mobil travel gelap yabg ditindak aparat.

"Mudik saja gak boleh, sarana transportasinya juga salah. Jadi kita tindak," imbuhnya.

Baca juga: Dishub Kota Tangerang Putar Balik Ratusan Kendaraan yang Nekad Melawan Larangan Mudik

Mantan Kapolres Lamongan ini mengaku operasi penyekatan selama ini berlangsung aman dan tidak ada pospam yang bobol.

"Warga yang yang dipulangkan dan disuruh putar balik rata-rata mau mudik ke Cianjur, Ciamis dan Bandung. Tetapi kita berhasil mencegah," paparnya.

Harun menambahkan pos pantau pemudik di perbatasan Kabupaten Bogor rata-rata sepi dari aktivitas pemudik.

Baca juga: Petugas Gabungan Cileungsi Putar Balik 37 Kendaraan karena Larangan Mudik

"Pos paling ramai itu ke arah Timur yaitu Gunung Putri dan Cileungsi. Tetapi sejauh ini terkendali. Tidak ada pergerakan pemudik dalam jumlah besar," pungkasnya.

Pantauan Wartakotalive.com di beberapa pos penyekatan seperti Parung, Cibinong dan Cileungsi, aktivitas warga memang terlihat normal.

Bahkan arus lalulintas cenderung terlihat sepi pada H-1 Lebaran, Rabu (12/5/2021).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved