Breaking News:

Hari Raya Idul Fitri

Quraish Shihab Sebut Salat Idul Fitri Dapat di Rumah, Mudik Saat Pandemi Covid-19 Bisa Berdosa

Quraish Shihab sampaikan bahwa salat Idul Fitri dapat dikerjakan di rumah secara sendiri atau jamaah. Mudik saat pandemi Covid-19 bisa berdosa.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Wartakotalive.com/Dodi Hasanuddin
Quraish Shihab menyampaikan salat Idul Fitri dapat dilakukan di rumah. Nytakan juga mudik saat pandemi Covid-19 bisa berdosa. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Quraish Shihab menyatakan salat Idul Fitri dapat dilakukan di rumah. Kemudian mudik saat pandemi Covid-19 bisa berdosa.

Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri yang akan kita jelang beberapa hari kedepan, RS Premier Jatinegara bekerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Satgas Covid-19 mengadakan Webinar Nasional, dengan tajuk "Belajar dari India, Babak Baru Covid 19 di Indonesia, Siapkah Kita?".

Webinar ini diadakan untuk menjawab pertanyaan masyarakat saat ini seputar perkembangan situasi COVID 19, antara lain Apakah saat ini Indonesia sudah memasuki periode Covid-19 gelombang kedua?

Apakah betul sudah masuk ke Indonesia strain virus Covid-19 terbaru yang informasinya Iebih ganas dari jenis sebelumnya, dan menyerang dewasa muda dan anak-anak?

Bagaimana dengan program vaksinasi yang sudah berjalan, apakah efektif dalam menanggulangi pandemic berkepanjangan di Indonesia ?

Prof. dr. Menaldi Rasmin Sp.P (K), FCCP, yang adalah salah satu pakar kedokteran respirasi yang berpraktek di RS Premier Jatinegara mengatakan, hal terpenting untuk menanggulangi pandemi adalah membangun pemahaman.

Baca juga: VIDEO Kisah Arifin Ingin Mudik ke Tegal, Lima Kali Diputar Balik di Penyekatan Kedungwaringin Bekasi

Kemudian juga kesadaran seluruh warga negara, tokoh masyarakat (Formal/Informal) untuk turut aktif melakukan KIE yang gencar perihal 5M dan Informasi Covid 19, Strategi 3T (Telusur, Tes, Terapi), lokalisasi pusat penularan, melakukan vaksinasi agar terjadi kekebalan komunitas.

"Belajar dari lonjakan kasus Covid-19 19 di India pasca ritual keagamaan, tentunya menjelang hari Raya Idul Fitri yang akan datang, kita tidak ingin hal serupa terjadi di Indonesia. Untuk itu MUI juga sudah mengeluarkan FATWA perihal panduan kaifiat takbir dan Shalat Eid di masa pandemi Covid-19," katanya dalam Webinar Nasional RS Premier Jatinegara bekerja sama dengan  Pemprov DKI Jakarta dan Satgas Covid-19, di Jakarta, Senin (10/4/2021).

Baca juga: Pemudik Mulai Berkurang, Kapolri Kini Antisipasi Arus Balik

Sekjen MUI, DR. Amirsyah Tambunan, MA yang berbicara mewakili wakil presiden Indonesia, Prof. DR. K.H.Ma'ruf Amin, memberikan penjelasan perihal fatwa tersebut dan anjuran pelaksanaannya.

Disampaikannya bahwa salat Idul Fitri boleh dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang, masjid, mushalla, atau tempat lain bagi umat Islam yang berada di kawasan yang sudah terkendali /bebas covid 19.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved