Breaking News:

Salat Idulfitri

Masjid di Jakarta Diprediksi Tetap Salat Idulfitri, meski Istiqlal Batal Gelar Berjamaah

Meski Masjid Istiqlal tidak menggelar salat Ied saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Kamis (13/5/2021), namun masjid lainnya kemungkinan tetap ada.

Luthfi Khairul Fikri
Untuk menekan penyebaran virus corona, Masjid Istiqlal tidak menggelar salat Idulfitri. Namun, masjid raya lain kemungkinan tetap menggelar salat berjamaah dengan protokol kesehatan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Meski Masjid Istiqlal tidak menggelar salat Ied saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H pada Kamis (13/5/2021), namun masjid raya atau masjid lainnya di Ibu Kota diprediksi tetap menggelar ibadah tersebut.

Mereka berpedoman pada seruan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal pelaksanaan salat Ied di masjid atau di lapangan terbuka dengan protokol kesehatan.

“Patokan kami bukan Istiqlal ya karena itukan masjid nasional, jadi pedoman kami adalah seruan gubernur," kata Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, Ma’mun Al Ayyubi, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Arief R wismansyah Imbau Warga Kota Tangerang Salat Idulfitri di Rumah Masing-masing

Baca juga: VIDEO Masjid Istiqlal Meniadakan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah

"Di mana diperbolehkan menggelar salat Idul Fitri dengan catatan tetap menjaga prokes, maksimal jamaah 50 persen dan berasal dari warga setempat,” imbuhnya 

Ma’mun mengatakan, kebanyakan masjid di Jakarta akan tetap menggelar salat Ied. Namun dia mengaku, belum mendapat angka resmi soal jumlah masjid yang bakal menggelar salat Ied.

“Termasuk kiga belum ada laporan sampai saat ini yang tidak (menggelar salar Ied), karena memang mereka sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, ketika memang diperbolehkan salat Jumat dan sebagainya,” ungkapnya.

“Karena sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, jadi sulit rasanya untuk dibatalkan. Silakan digelar, tetap harus ketat dan ini pun butuh pengawasan dari aparat setempat,” lanjutnya.

Dia menambahkan, ada beberapa masjid raya yang tetap menggelar salat Ied yaitu Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) di Jakarta Utara, Masjid Agung Sunda Kelapa di Jakarta Pusat dan sebagainya.

Baca juga: Hendra Hidayat Imbau Warga Jakarta Timur agar Salat Idulfitri di Rumah

Baca juga: Lebaran di Tengah Pandemi, Menteri Agama Bakal Jadi Imam dan Khatib Salat Idul Fitri di Rumahnya

“Semua pada bikin (gelar salat Ied), tetap kami perketat prokesnya karena jangan sampai nanti melanggar lalu ada klaster baru,” imbuhnya.

Prokes ketat yang dimaksud seperti wajib memakai masker, adanya pengaturan jarak 1-2 meter antar jamaah, maksimal jamaah 50 persen dari kapasitas dan dihadiri oleh warga sekitar dan sebagainya.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved